Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Yaumul Milad Artinya

2 min read

Yaumul Milad Artinya

Arti Yaumul Milad Artinya ( Tulisan Arab يَوْمُ الْميلاد ) – Anda mungkin bertanya tanya mengenai kata yaumul milad artinya apa? dan Doa yang baik untuk mendoakan seorang yang sedang berulang tahun bagaimana? Tulisan arab yaumul milad?

Nah kami akan menjelaskan dan memahami arti dari kata yaumul milad. Tetapi sebelumnya kita menjelaskan materi secara lengkap mengenai Arti Barakallah. Maka untuk melengkapi pembahasan kali ini, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Yaumul Milad

Yaumul Milad

Jadi untuk istilah kata Yaumul berasal dari kata Yaum (يوم) kata tersebut memiliki arti “hari”. Lalu istilah kata “Yaum” secara bahasa yaitu ketetapan waktu dimana umumnya dalam menetapkannya bisa memakai sebuah tanda adalah mulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari.

Lalu untuk kata Jamak dari kata “Yaum” ini yaitu kata”Ayyam” yang memiliki arti “hari-hari”. Selain itu, kata “Yaum” adalah sebuah isim atau disebut (kata benda), yang mana umumnya bersamaan dengan kata (wazan) fa’lun (فعل).

Dimana kata ‘yaum”dalam ilmu shafy, masih tergolong dalam salah satu kategori “Ajwaf”, adalah semua kata yang mana penyusunannya terdiri dari tiga huruf. Dimana pada huruf tengahnya adalah bagian dari huruf-huruf mad tabi’ie.

Lalu untuk kata Milad (ملاد) yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti “kelahiran.

Dalam bahasa arab kata milad ini adalah isim masdar atau merupakan sebuah kata dasar yang masih diketegorikan ke dalam mistal.

Baca Juga : Ana Uhibbuki Fillah

Lalu istilah kata Yumul Milad ini berdasarkan ilmu pengetahuan nahwu merupakan salah satu idhofah/ tempat bersandar, tetapi jika di terjemahkan dalam bahasa inggrisnya (grammar) idhofah adalah possessive noun.

Jika kata Milad disandarkan pada kata “Yaum” maka akan membentuk sebuah kata keterangan adalah sebuah kata yang menjelaskan mengenai kata dimana kata tersebut bersandar.

Sebab jika hanya cuma kata yaum saja maka tentunya tidak akan menjadi sesuatu hal yang mudah dimengerti, tetapi jika diberi tambahan dengan kata Milad, maka kata tersebut akan menjelasakan suatu keterangan bahwa kata tersebut adalah hari kelahiran.

Maka bisa kita ambil kesimpulan, bahwa kata “Yaumul Milad” ini adalah sebuah kata yqang biasa diucapkan ketika ada seseorang diantara anda semua sedang berulang tahun, tentunya untuk yang beragama Islam, karna kata “Yaumul milad ini mempunyai arti” Hari kelahiran.

Arti Yaumul Milad

Jadi istilah kata Yaumul milad kini sudah menjadi kata yang sangat digandrungi oleh semua kalangan dan sebuah kata yang sudah populer bahkan sudah meluas menjadi percakapan sehari-hari terutama ketika ada yang sedang merayakan ulang tahun.

Namun masih banyak, orang yang masih belum mengetahui artinya yaumul milad apa.

Istilah kata/kalimat Yaumul milad (Dalam bahasa arab يَوْمُ الْميلاد) adalah sebuah kalimat/kata yang tertulis dalam bahasa Arab dan memiliki makna”selamat ulang tahun”.

Dimana kata yaumul milad (tulisan arab يَوْمُ الْميلاد) banyak dipakai ketika dalam suatu momen yang sangat membahagiakan yakni bertambahnya usia dan sebuah hari dimana seseorang tersebut dilahirkan ke dunia.

Meskipun dalam penulisannya berasal dari bahasa Arab, tetapi istilah kata yaumul milad juga populer bahkan sudah banyak digunakan di Indonesia. Jadi, ketika anda mendengar atau melihat sebuah tulisan yang bertuliskan kata yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد).

Maka artinya kata tersebut adalah sebuah ucapan”selamat ulang tahun”. .Maka pada intinya istilah kata Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) adalah sebuah kata yang umumnya sering diucapkan ketika dalam suatu momen yakni perayaan hari lahir.

Dimana kalimat ini mempunyai fungsi yang sama dengan ucapan kata dalam bahasa inggrisnya happy birthday atau selamat ulang tahun.

Jadi umumnya kata yaumul milad biasa disandingkan dengan kalimat/kata barakallah fii umrik, maka akan menjadi sebuah ungkapan”yaumul milad barakallah fii umrik” artinya ”Selamat ulang tahun, semoga Allah memberkahi umurmu”.

Do’a Minta Panjang Umur

Do’a Minta Panjang Umur

Doa Untuk yang Berulang Tahun

Doa Untuk yang Berulang Tahun

Baca Juga : Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Q&A

Arti Barakallah fii Umrik Adalah?

Ucapan tersebut mempunyai arti “Semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu”

Bagaimana cara Menjawab ucapan Barakallah fii umrik ?

Jika ada seseorang yang mengucapkan kalimat/kata ini, maka anda bisa menjawabnya dengan mengucapkan Wa fiika barakallah dimana jawaban tersebut mempunyai arti” Semoga Allah juga memberkahimu. “

Arti dari Yaumul milad barakallah fii umrik Adalah?

Ungkapan ini mempunyai arti ”Selamat ulang tahun, semoga Allah memberkahi umurmu”.

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan mengenai ucapan yaumul milad artinya, semoga dapat bermafaat untuk sahabat semua.

Hijau
Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Yaumul Mahsyar

Hijau Hijau
2 min read

Arti Syukron

Hijau Hijau
2 min read

Aamiin Allahumma Aamiin

Hijau Hijau
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close