Rizki Selalu bersyukur apa yang dimiliki saat ini.

Pengertian Verba Pewarta

1 min read

Verba Pewarta

Pada pembahasan materi kali ini kita akan mengulas tentang apa sih verba pewarta itu? kami akan menjelaskan secara detail dan lengkap tentang kata kerja pewarta dan disertai dengan contohnya maka akan mempermudah pemahaman tentangnya.

Secara singkat, pengertian verba atau kata kerja merupakan kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, pengalaman, keberadaan, atau pengertian dinamis lainnya.

Pengertian Verba Pewarta

Pengertian Verba Pewarta

Verba Pewarta merupakan sebuah kata yang digunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan. Verba pewarta yaitu ciri kaidah kebahasaan teks berita, dan karena di dalam teks berita ada keterangan. Maka verba pewarta dan verba transitif sebagai ciri kaidah kebahasaan nya.

Sehingga kata kerja pewarta memiliki sifat mewartakan. Sebagai contoh nya seperti mengatakan, memaparkan, menjelaskan, memberitakan, dan sejenisnya. Jadi inti sifat dari kata kerja ini adalah memberitahu kepada orang lain.

Contoh Verba Pewarta

Berikut dibawah ini adalah contoh kalimat verba pewarta, sebagai berikut.

Kata: Mengatakan

Kalimat: Dalam pidato Presiden yang disiarkan melalui televisi, beliau mengatakan bahwa akan menurunkan harga bahan bakar minyak secepatnya. Maka rakyat tidak terlalu di bebani oleh harga bbm yang mahal.

Kata: Memaparkan

Kalimat: Presiden juga memaparkan perkembangan Indonesia yang saat ini sudah siap menghadapi persaingan dan tantangan.

Kata: Memberitakan

Kalimat: Pada saat terjadi gerhana matahari di internet banyak sekali situs web yang memberitakan mengenai proses terjadi gerhana matahari.

Kata: Menjelaskan

Kalimat: Ketua Komunitas Surabaya Membara menjelaskan. Kejadian kecelakaan penonton yang ada di atas viaduk yang tertabrak kereta api di luar kendali pihaknya.

Kata: Menuturkan

Kalimat: Kepala Instalasi Kedokteran Forensik Pusdokkes Polri Kombespol. Menuturkan sampai saat ini sudah ada 44 keluarga yang mengambil dokumen kematian. Tujuh keluarga korban lain mengambil malam ini.

Kata: Memaparkan

Kalimat: Menteri Perdagangan Indonesia memaparkan akan membebaskan distributor yang tidak terafiliasi dengan produksi. Dan yang saat ini baru 67% akan menjadi 100% alias dikeluarkan dari list DNI.

Baca Juga : Majas Metafora

Jadi cukup singkat pembahasan kita mengenai materi ini.

Demikian semoga penjelasan diatas mengenai pengertian verba atau kata kerja pewarta. Sehingga kamu dapat membuat teks berita yang akan diumumkan ke banyak orang. 

Rizki
Rizki Selalu bersyukur apa yang dimiliki saat ini.

Kalimat Tunggal

Rizki Rizki
2 min read

Kata Kerja Material

Rizki Rizki
2 min read

Konjungsi Kausal

Rizki Rizki
2 min read
close