Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Struktur Tubuh Amoeba

2 min read

Struktur Tubuh Amoeba

Struktur Tubuh Amoeba – Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas materi mengenai struktur tubuh amoeba yang dibahas mulai dari ciri, fungsi, gambar dan reproduksi. Maka untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini maka, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Amoeba

Struktur Tubuh Amoeba

Amoeba adalah salah satu jenis organisme uniseluler atau jenis organisme yang bersel satu. Dimana umumnya jenis organisme dapat dijumpai berada di daerah air sekitaran vegetasi yang telah mengalami pembusukan.

Contohnya seperti pada daerah tanah yang basah atau pada hewan seperti manusia. Selain itu, Amoeba yaitu salah satu makhluk yang hanya memiliki satu sel akan bisa mengalami perubahan pada bentuknya.

Dalam genus protozoa dapat terdiri atas beberapa jenis amoeba misalnya seperti yang bisa hidup di air atau dapat hidup pada bagian tubuh hewan dan manusia yang berperan sebagai parasit.

Pada Organisme yang berjenis ini dikatagorikan ke dalam protista, adalah sekelompok bentuk yang mana kelangsungan kehidupannya cukup sederhana. Namun jenis bukan digolongkan kedalam jenis tumbuhan dan tidak pula digolongkan sebgai jenis hewan.

Ciri Ciri Amoeba

Adapun beberapa ciri dari amoeba, yang diantaranya yaitu :

  • Secara umum bersel tunggal (uniseluler)
  • Memiliki membran inti yang (bersifat eukarotik)
  • Dapat bergerak dengan bebas menggunak alat gerak dengan berupa kaki semu (pseudopoda)
  • Tidak dapat memperoleh makanannya sendiri (bersifat heterotrof)
  • Berkembang biak dengan pembelahan biner
  • Tidak memiliki dinding sel
  • Proses pernafasannya mengggunakan oksigen (aerob)
  • Umumnya Paling banyak dijumpai didaerah perairan

Baca Juga : Metamorfosis Katak

Struktur Tubuh Amoeba

Membran Sel

Pada bagian Membran sel yang memiliki tekstur yang sangat fleksibel dan juga keropos. Hali ini memungkinkan amuba untuk melakukan perubahan bentuk.

Selain itu, Amuba juga “bernafas” dengan memanfaatkan membran ini. Lalu dengan membran ini juga membantu dalam mengatur dan menjaga masuk dan keluar zat baik ke dalam atau keluar dari sitoplasma.

Sitoplasma

Sitoplasma adalah suatu zat hidup yang di dalamnya berisi semua reaksi kimia yang dibutuhkan untuk melangsungkan kehidupan.

Ada dua jenis sitoplasma yang ada di amuba, yakni sitoplasma gelap menuju interior amuba yang dikenal dengan endoplasm, dan lalu sitoplasma terang bisa dijumpai di dekat membran sel.

Inti

Lalu bagian Inti mempunyai bentuk seperti cakram yang bisa dijumpai dalam sel yang berperan dalam mengatur proses pertumbuhan dan reproduksi amuba.

Dimana Amoeba melakukan reproduksi dengan cara melalui suatu proses pembelahan biner. Salinan inti materi genetik dan sitoplasma terbagi menjadi dua sel anak baru, dari tiap-tiap identik dengan orang tua aslinya.

Vakuola Kontraktil

Lalu pada bagian Vakuola kontraktil akan membantu mengurangi terjadinya kelebihan air ke luar (osmoregulasi) maka amuba tidak akan meledak.

Karena dengan adanya konsentrasi zat terlarut dalam sitoplasma yang lebih besar dibandingkan di sekitar air tawar. Dimana bisanya air akan cenderung masuk kedalam sitoplasma oleh osmosis melalui membran sel permeabel.

Vakuola Makanan

Vakuola adalah Organisme mikroskopis yang diambil ke dalam sitoplasma dengan setetes air membentuk vakuola sementara. Lalu pada Organisme akan dicerna dan kemudian akan dikeluarkan dengan melalui struktur yang dikenal dengan vakuola makanan.

Vakuola Pencernaan

Lalu pada Vakuola pencernaan adalah sebuah rongga yang sangat bertanggung jawab untuk melancarkan proses pencernaan yang terjadi di dalam amuba.

Pseudopodium

Pengertian Pseudopodium yang maknanya ‘kaki palsu’. Dimana Pergerakan Amuba bisa dilakukan dengan adanya peregangan pada sitoplasma ke dalam misalnya seperti jari ekstensi yang disebut dengan pseudopodia.

Klasifikasi Amoeba

Pada dasarnya amoeba begitu sensitif terhadap suatu rangsangan yang dapat menimbulkan adanya peristiwa penyusutan atau juga terjadinya penambahan sel yang bergantung dengan keadaan lingkungan.

Maka upaya menyesuaikan dan menjaga terjadinya tekanan osmotik yang terjadi di dalam sel. Sehingga dalam hal vakuola merupakan salah satu bagian yang mempunyai yang sangat besar dalam peristiwa ini.

DomainEukaryota
KerajaanAmoebazoa
FilumTubulinea
OrdoTubulinida
FamiliAmoebidae
GenusAmoeba
SpesiaesProteus , Dubai, Animalcule, Carolinese, Hystolitica dan yang lainnya.

Klasifikasi Amoeba Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Amoeba yang berdasarkan dengan tempat hidupnya dapat dibedakan menjadi 2 adalah :

Ektamoeba

Ektamoeba adalah salah satu jenis amoeba yang kelangsungan hidupnya dapat bertahan di luar tubuh organisme maka dapat melangsungkan hidupnya dengan secara bebas, Contohnya seperti : Amoeba proteus

Entamoeba

Entamoeba adalah salah satu jenis amoeba yang dapat bertahan hidup di dalam suatu organisme makhluk hidup misalnya seperti di dalam tubuh manusia dan hewan.

Contohnya seperti :  Entamoeba histolityca yang umumnya hidupnya sebagai parasit yang hidup di dalam usus halus pada tubuh manusia. Keberadaannya tersebut bisa menimbulkan adanya penyakit disentri.

Baca Juga : Fungsi Jaringan Palisade

Contoh Amoeba

Adapun contoh amoeba yang mudah ditemukan dalam kehidupan manusia, antara lain sebagai berikut :

Amoeba Proteus

Amoeba proteus adalah salah satu jenis amoeba yang bisa hidup dengan secara bebas dialam tanpa harus bergantung terhadap sejumlah proses pertumbuhan pada makhluk hidup lainnya.

Chaos Carolinese

Chaos carolinese adalah salah satu jenis amoeba yang berukuran sangat kecil/mikro. Dimana ukurannya melebihi dari besarnya amoeba hystolitica dan proterois.

Entamoeba Hystolitica

Entamoeba histolytica adalah salah satu jenis amoeba yang sangat berbahaya sebab jenis amoeba ini dapat menimbulkan suatu gejala penyakit desentri.

Demikian pembahasan mengenai Struktur Tubuh Amoeba, semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Selamat Belajar !!

Hijau
Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Crustacea Adalah

Hijau Hijau
3 min read

Fungsi Selubung Mielin

Hijau Hijau
2 min read

Kromoplas

Hijau Hijau
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close