Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Stepa

2 min read

Stepaaa

Mungkin anda ada sebagian yang mengetahui pengertian stepa dalam ilmu geografi? Tenang saja bagi yang belum mengetahuinya kami akan menjelaskannya.

Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai alam dunia yang dinamakan dengan Stepa. Jadi sebelum kita membahas lebih dalam terlebih dahulu kita harus mengetahui dulu pengertian stepa.

Stepa merupakan ekosistem yang luas dan adalah dari sebuah flora dan fauna yang terdiri dari khas di dalamnya yaitu ekosistem geografis. Hal yang semacam ini terdiri atas produsen, konsumen, dan dekomposer yang di dalamnya terjadi aliran materi dan energi dimulai dari tumbuhan.

Adapun terdapat ciri adalah vegetasi menjadi mendominasi kan suatu wilayah ke wilayah yang lainnya. Agar ada nya kondisi iklim yang stabil, maka ada perbedaan antara iklim sejuk dan iklim panas.

Jadi untuk lebih lengkap lagi mari kita bersama – sama simak pengertian stepa, proses stepa, ciri ciri stepa, dan juga cara persebaran stepa secara mendalam :

Pengertian Stepa

Pengertian Stepa

Stepa merupakan dataran yang tidak ada pepohonan (kecuali yang terletak di dekat sungai atau danau), yang pada umum nya ditumbuhi rumput yang pendek. Adapun juga bentuk dari stepa yaitu berupa semi-gurun atau tertutup rumput dan semak.

Jadi istilah dari kata lain bisa juga digunakan untuk menunjukkan iklim pada suatu daerah yang terlalu kering. Untuk menunjang suatu hutan, hanya saja tidak cukup kering untuk menjadi gurun.

Meskipun ada mungkin hanya sedikit saja, karena adanya perbedaan musim tropis dan musim sabana yang adalah padang rumput namun dikelilingi oleh kumpulan pepohonan yang besar.

Proses Terbentuknya Stepa

Jadi dalam terbentuknya Stepa ini yaitu secara alami yang dikarenakan oleh cuaca yang tingkat curah hujan rendah. Sekitar 25 mm/dalam tahun, sehingga mengakibatkan tumbuhan akan kesulitan untuk menyerap air.

Maka ada beberapa jenis tumbuhan saja yang ada bertahan hidup di lingkungn tersebut. Karena sangat di butuhkan dalam beradaptasi dengan lingkungan alam yang kering.

Baca Juga : Bioma Taiga

Ciri Ciri Stepa

  1. Tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik maka menimbulkan rumput tidak tumbuh dengan subur.
  2. Rumput tingginya hingga tiga satu meter. Hal ini menimbulkan tumbuhnya vegetasi rumput yang sangat luas.
  3. Mempunyai tanah yang lembab dan suhu udara yang rendah.
  4. Curah hujan tidak teratur, antara 200-500 mm/tahun
  5. Suhu 18ºC – 25ºC saat musim panas, 15ºC – 20ºC ketika musim dingin
  6. Suhu udara di siang 40ºC dan di malam hari sekitar 0ºC
  7. Mempunyai suhu udara yang sangat rendah.
  8. Tanahnya berupa tanah tandus yang pada biasanya tidak mampu menyimpan air yang dikarenakan oleh rendahnya tingkat porositas

Persebaran Stepa

Biasanya dari penyebaran stepa ada juga daerah yang tropis dan subtropis dengan curah hujan nya yaitu antara 250-500 mm/dalam satu tahun.

Namun di daerah tersebut ada juga daerah yang padang rumput nya dengan curah hujan yang hingga 1.000 mm. Hanya saja hujan yang tidak teratur, seperti di daerah Indian ataupun Amerika Utara.

Penyebab Persebaran

Penyebab Persebaran merupakan tingkat tekanan populasi yang semakin bertambah. Sehingga akan menimbulkan meningkat nya kebutuhan dalam persediaan bahan makanan, dan akan semakin sulit dipenuhi karena terjadinya perubahan migrasi.

Dengan perubahan migrasi akan menimbulkan perubahan habitat dalam fungsi lingkungan hidupnya. Sehingga akan membutuhkan tempat tinggal yang beradaptasi. Maka terjadilah perpindahan ke tempat yang sesuai dengan habitatnya.

Sarana Persebaran

Sarana Persebaran merupakan melalui udara, dengan melalui udara bisa migrasi melalui kekuatan terbang yang bisa memakai angin untuk migrasi dari berat ke timur.

Maka lahan yang di gunakan pada biasanya memakai persebaran udara untuk pengangkutan Manusia, dengan demikian migrasi memakai cara udara, agar bisa berpindah tempat dengan tempat yang baru.

Hambatan Persebaran

Hambatan Iklim

Merupakan keadaan yang bersifat ekstrim maka bisa menghambat persebaran fauna dan flora contohnya kondisi temperatur, kelembaban udara dan curah hujan.

Hambatan Edafik (Tanah)

Merupakan tanah sangat mempengaruhi tanaman karena di dalam tanah ada unsur-unsur penting seperti unsur hara, udara, atau kandungan air yang cukup.

Hambatan Geografis

Merupakan kondisi geografi yang bisa menghambat persebaran fauna dan juga flora contohnya seperti di samudera, padang pasir, sungai dan juga pegunungan.

Hambatan Biologis

Merupakan kondisi lingkungan alam yang cocok untuk kehidupan flora dan fauna yang hidup didalamnya. Adapun persediaan bahan makanan yang melimpah bisa menghambat flora atau fauna berpindah.

Dalam kehidupan ekosistem di darat memiliki kemiripan dengan sabana. Jadi yang di mana keduanya sama-sama berupa padang rumput. Namun perbedaan nya hanya padang rumput yang tidak ada pepohonan ataupun hanya ada sedikit pohon.

Baca Juga : Bioma Tundra

Stepa Di Indonesia

Stepa di Indonesia ada di bagian di Nusa Tenggara, yang mempunyai kondisi tanah yang pada biasanya. Merupakan tanah yang kering karena di wilayah tersebut cuaca yang panas seperti gurun atau semi gurun.

Curah hujan yang turun pada wilayah tersebut kurang dari 25 cm per tahun yang menimbulkan kondisi alam yang kurang subur. Penduduk sekitar juga memakai wilayah ini untuk area ternak hewan yang memakan rumput saja. Contohnya seperti, kambing, sapi dan sejenisnya untuk di jadikan kebutuhan dan kegiatan mereka sehari – hari.

Nah demikian sobat pembahasan yang dapat kami sampaikan dalam penulisan artikel kali ini mengenai stepa. Adapun pokok dari materi ini yaitu yang menjelaskan sebuah dataran yang jarang sekali ada pohon yang tinggi kecuali di tepi sungai saja.

Hijau
Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Crustacea Adalah

Hijau Hijau
3 min read

Struktur Tubuh Amoeba

Hijau Hijau
2 min read

Fungsi Selubung Mielin

Hijau Hijau
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close