Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Rumus Asam Sitrat

2 min read

Rumus Asam Sitrat

Rumus Asam Sitrat – Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas materi tentang Rumus Asam Sitrat mulai dari Pengertian, Msds, Manfaat, Kelarutan dan Bahaya. Maka untuk melengkapi isi tema pembahasan kita ini, mari kita simak aja ulasan selengkapnya yang ada di bawah ini.

Pengertian Asam Sitrat

Asam sitrat adalah suatu jenis asam organik yang sangat lemah dan dapat dijumpai ada pada duan dan pada buah-buahan pada tumbuhan yang digolongkan kedalam genus Citrus atau jenis jeruk – jerukan.

Selain itu, Asam sitrat bertindak sebagai sebuah jenis bahan pengawet yang sangat alami dan baik. Dimana selain ia bisa memberikan suatu cita rasa masam yang terkandung didalam minuman ringan dan makanan.

Lalu di dalam ilmu yang mendalami tentang biokimia, dimana pada jenis senyawa ini umumnya dikenal sebagai suatu senyawa yang terletak di dalam siklus asam sitrat yang berlangsung di dalam mitokondria. Adalah hal yang penting yang dibutuhkan dalam metabolisme makhluk hidup.

Selain itu, Asam sitrat dapat dimanfaatkan sebagai lausion pembersih yang dianggap sangat ramah lingkungan dan bisa berperan sebagai antioksidan.

Lalu dari beberapa jenis sayuran dan buah-buahan, dimana asam sitrat bisa dijumpai dalam kondisi dengan konsentrasi yang sangat tinggi yang bahkan hingga mencapai 8% bobot kering, seperti misalnya pada tumbuhan atau buah jeruk limau dan jeruk lemon.

Rumus Kimia Untuk Asam Sitrat

Rumus Asam Sitrat

C6H8O7 Atau CH2(COOH)•COH(COOH)•CH2(COOH

Kegunaan Asam Sitrat

Kegunaan yang paling utama asam sitrat pada saat ini yaitu untuki pemberi cita rasa dan pengawet makanan atau minuman. Kode asam sitrat sebagai zat aditif makanan yaitu E330.

Garam sitrat dengan berbagai macam jenis logam bisa digunakan untuk menyediakan logam tersebut, dalam banyak suplemen makanan.

Sifat asam sitrat sebagai larutan penyangga dapat digunakan sebagai pengendali pH dalam larutan pembersih. Kemampuan asam sitrat untuk meng-kelat logam menjadikan asam sitrat berguna untuk bahan sabun dan detergen.

Asam sitrat memungkinkan sabun membentuk busa dan mampu berfungsi dengan baik tanpa penambahan zat penghilang kesadahan.

Asam sitrat juga digunakan untuk memulihkan bahan penukar ion yang biasa digunakan pada alat penghilang kesadahan, dengan cara menghilangkan ionlogam yang terakumulasi pada bahan penukar ion tersebut.

Asam sitrat apabila digunakan dalam industri bioteknologi dan obat-obatan untuk melapisi pipa mesin dalam proses kemurnian tinggi sebagai fungsi ganti asam nitrat.

Karena asam nitrat bisa menjadi zat berbahaya setelah digunakan pada keperluan tersebut, sementara asam sitrat tidak.

Asam sitrat juga dapat ditambahkan pada es krim agar menjaga terpisahnya gelembung-gelembung lemak.

Di dalam resep makanan, asam sitrat mampu digunakan sebagai pengganti sari jeruk.

Baca Juga : Hukum Hess

Berikut yaitu berbagai penggunaan asam sitrat:

  • Aditif Makanan
  • Proses Pengalengan
  • Dapur
  • Pengasam Anggur
  • Perawatan Kulit
  • Perawatan Rambut
  • Agen Pembersih
  • Industri Kimiawi
  • Industri Farmasi
  • Industri Makanan

Sifat Fisika dan Kimia Asam Sitrat

Dimana tingkat keasaman asam sitrat diperoleh dari tiga gugus karboksil COOH yang mempunyai kemampuan dapat mengelurkan proton dalam sebuah larutan.

Jika hal ini berlangsung, maka ion yang akan dihasilkan yaitu sebuah ion sitrat. Lalu sitrat juga merupakan jenis bahan yang sangat baik yang bisa dimanfaatkan dalam larutan penyangga agar bisa mengatur pH larutan.

Dimana pada Ion sitrat dapat melakukan suatu reaksi terhadap banyak ion logam yang membentuk garam sitrat. Selain itu, dimana sitrat juga berkemampuan dalam melakukan pengikatan ion-ion logam dengan pengkelatan.

Maka bisa dipakai atau dimanfaatkan sebagai salah satu jenis bahan pengawet dan dapat menghilangkan tingkat kesadaran air. Jika di dlaam temperatur kamar.

Dimana asam sitrat akan mempunyai bentuk seperti serbuk yang mengkristal dengan mempunyai warna putih bak mutiarayang bersinar.

Lalu pada serbuk kristal tersebut bisa berbentuk seperti anhydrous (bebas air), atau umumnya juga dengan meyerupai bentuk monohidrat yang di dalamnya terkandung satu molekul air dari semua molekul asam sitrat.

Lalu mengenai Bentuk anhydrous asam sitrat yang berupa seperti kristal jika berada di dalam air panas. Maka untuk bentuk monohidrat sendiri diperoelh dari kristalisasi asam sitrat ketika berada di dalam air dingin.

Manfaat Asam Sitrat

  • Pengawet makanan, asam sitrat mampu menjadi pengawet makanan dan minuman yang aman bagi manusia. Asam sitrat menjadi salah satu bahan pengawet makanan dan minuman aman bagi manusia.
  • Penambah rasa, didalam produksi makanan, asam sitrat juga digunakan untuk penmbah rasa, Contohnya permen. selain itu, asam sitrat pun berfungsi mengkatalisasi hidrolisa sukrosa ke dalam bentuk gula selama penyimpanan.
  • Membantu proses pengalengan, Pada senyawa ini dapat digunakan untuk membantu dalam proses pengalengan makanan dan minuman contohnya pengalengan buah-buahan yang mempunyai keasaman rendah.
  • Menggumpalkan susu, misalnya pada makanan yaitu keju
  • Bahan kosmetik, Fungsi dari asam sitrat kali ini yaitu untuk mengatur keseimbangan (ph) asam
  • Bahan perawatan rambut, asam sitrat pada hal ini digunakan unttuk membunuh bakteri yang berada di kulit kepala.

Baca Juga : Kristalisasi

Demikian pembahasan mengenai rumus asam sitrat, semoga pembahasan kali ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih

Hijau
Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Manfaat Perak

Hijau Hijau
2 min read

Kristalisasi

Hijau Hijau
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close