Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Rumus Anuitas

2 min read

Rumus Anuitas

Jadi sebelumnya kita sudah membahas mengenai rumus matematika maka pada kali ini kita akan membahas materi mengenai anuitas matematika lengkap. Kita akan jabarkan secara detail dari pengertian, materi, sifat – sifat, rumus, dan contoh soal beserta juga pembahasannya.

Pengertian Anuitas

Anuitas adalah teori keuangan yang mempunyai arti adalah sebuah rangkaian penerimaan dan pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu yang tertentu. Misalnya seperti sebuah bunga yang diterima dari obligasi atau dividen tunai dari suatu saham preferen.

Jenis – Jenis Anuitas

Rumus Anuitas

Anuitas juga mempunyai sebuah jenis – jenis tertentu, yaitu sebagai berikut ini :

1. Anuitas Tetap /  Variabel

Anuitas Tetap adalah mempunyai tingkat bunga tertentu, mirip dengan bank Sertifikat Deposito (CD). Dalam anuitas tetap, didalam perusahaan asuransi memberikan jaminan pokok dan juga tingkat bunga minimum.

Dengan kata lain, asalkan perusahaan asuransi itu bagus secara finansial, uang yang Anda tanamkan dalam anuitas tetap akan tumbuh dan tidak mengalami penurunan nilai.

Anuitas Variabel yaitu apabila uang anda bisa diinvestasikan dalam instrumen investasi tersebut. Maka akan bertingkat pengembalian tidak tetap, terutama pada reksadana.

Nilai uang Anda dalam anuitas variabel dan juga jumlah uang akan dibayarkan kepada Anda. Dan juga akan tergantung pada kinerja investasinya setelah dikurangi atas biaya pengelolaan dana itu.

2. Anuitas Tangguhan / Segera

Anuitas Tangguhan adalah mempunyai masa di mana premi dan juga hasil investasinya akan diakumulasikan sebelum dilakukan pada pembayaran berkala.

Masa akumulasi ini dapat sangat lama, seperti anuitas tangguhan untuk dana pensiun yang berlangsung selama beberapa dekade dan juga sampai karyawan mencapai usia pensiun.

Anuitas Segera adalah apabila mulai membayarkan pendapatan berkala satu periode setelah anuitas dibeli. Maka periode itu akan tergantung pada seberapa sering pendapatan akan dibayar.

Misalnya, apabila pendapatan adalah bulanan, pembayaran pertama dilakukan satu bulan maka setelah anuitas segera dibeli.

3. Anuitas Periode Tetap, Jumlah Tetap / Seumur Hidup

Anuitas Periode Tetap yaitu apabila membayar penghasilan untuk jangka waktu tertentu, contohnya yaitu sepuluh tahun. Jumlah penghasilannya yang dibayarkan tidak akan tergantung pada umur atau keberlanjutan hidup dari orang yang membeli anuitas tersebut.

Anuitas Seumur Hidup yaitu akan memberikan penghasilan untuk sisa umur anuitan. maka sebuah variasi dari anuitas seumur hidup tersebut akan terus memberikan penghasilan sampai dua pasangan anuitan meninggal.

Untuk jumlah yang dibayarkannya pun tergantung pada usia anuitan, premi yang dibayarkan ke anuitas, dan juga pengembalian investasi yang diakumulasikan.

4. Anuitas Premi Tunggal / Premi Fleksibel

Anuitas Premi Tunggal adalah akan didanai oleh sebuah pembayaran tunggal. Anuitas premi tunggal tersebut bisa bersifat tangguhan atau juga segera. Kebanyakan anuitas tunggal didanai dari tabungan pensiun yang jatuh tempo pada Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

Anuitas Premi Fleksibel adalah anuitas yang didanai oleh serangkaian pembayaran premi. Anuitas fleksibel juga selalu memiliki sifat tangguhan, adalah dirancang untuk mempunyai jangka waktu yang cukup untuk mengakumulasikan premi dan pendapatan investasi sebelum uang bisa dibayarkan secara berkala.

Rumus Anuitas Matematika Keuangan

Anuitas juga mempunyai rumus tertentu, yaitu antara lain :

AN = An + Bn

Keterangan :

  • AN = Anuitas
  • An = Angsuran
  • Bn = Bunga

Baca Juga : Ekonomi Mikro Dan Makro

Contoh Soal Anuitas Matematika

1. Suatu Pinjaman akan dilunasi dengan sistem anuitas bulanan. Apabila besar angsuran Rp.85.000, dan bunganya yaitu Rp.315.000,00. Maka tentukanlah jumlah anuitas tersebut !

Penyelesaian :

Diketahui : 

  • An = 85.000
  • Bn = 315.000

Ditanya : AN =…..?

Jawab :

  • AN = An + Bn
  • AN = 85.000 + 315.000
  • AN = 400.000

Jadi, jumlah nilai Anuitasnya adalah = Rp.400.000

2. Suatu Pinjaman akan dilunasi dengan sistem anuitas bulanan. Apabila besarnya anuitas Rp.600.000,00. Maka tentukanlah angsuran ke-5 apabila bunga ke-5 adalah Rp.415.000,00 !

Penyelesaian :

Diketahui : 

  • AN = 600.000
  • Bn = 415.000

Ditanya : An =…..?

Jawab :

  • AN = An + Bn
  • 600.000 = An + 415.000
  • An = 600.000 – 415.000
  • An = 185.000

Jadi, jumlah nilai angsurannya adalah = Rp.185.000

Demikian pembahasan mengenai cara menghitung rumus anuitas keuangan matematika beserta contoh soal dan penyelesaiannya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima Kasih

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Jenis Jenis Badan Usaha

Alfian Alfian
2 min read

Sumber Keuangan Negara

Alfian Alfian
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *