Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Potensiometer

1 min read

Potensiometer

Pada pembahasan ini kita akan mengulas artikel mengenai Potensiometer mulai dari pengertian, fungsi dan juga cara kerja potensiometer. Jadi alangkah baiknya anda simak artikel ini dengan seksama agar tidak ketinggalan dalam informasi yang penting ini.

Pengertian

Potensiometer adalah jenis Resistor yang memiliki Nilai Resistansinya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan Rangkaian Elektronika maupun kebutuhan pemakainya. Jadi Potensiometer adalah Keluarga Resistor yang tergolong dalam Kategori Variable Resistor.

Jadi secara struktur, Potensiometer terdiri dari 3 kaki Terminal dengan sebuah shaft atau tuas yang berguna sebagai pengaturnya. Jadi Potensiometer juga sering digunakan dalam Rangkaian Pengatur terang gelapnya Lampu dan juga Pengatur Tegangan pada Power Supply (DC Generator).

Potensiometer

Struktur Potensiometer

Jadi pada dasarnya bagian-bagian penting dalam Komponen Potensiometer yaitu :

  1. Penyapu atau disebut juga dengan Wiper.
  2. Element Resistif.
  3. Terminal.

Jenis-jenis Potensiometer

Jenis Jenis Potensiometer

Potensiometer dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

Potensiometer Slider adalah Potensiometer yang nilai resistansinya bisa diatur dengan cara menggeserkan Wiper-nya. Mulai dari kiri ke kanan atau dari bawah ke atas sesuai dengan pemasangannya. Dan juga Biasanya menggunakan Ibu Jari untuk menggeser wiper-nya.

Potensiometer Rotary adalah sebuah potensiometer yang memiliki nilai resistansinya bisa diatur memakai cara memutarkan Wiper-nya pada sepanjang lintasan yang melingkar. Dan biasanya menggunakan Ibu Jari untuk memutar wiper tersebut. Sehingga, Potensiometer Rotary sering disebut juga dengan Thumbwheel Potentiometer.

Potensiometer Trimmer adalah Potensiometer yang memiliki bentuk kecil dan harus memakai alat khusus seperti Obeng (screwdriver) sebagai memutarnya. Potensiometer Trimmer ini umumnya dipasangkan di PCB dan jarang dilakukan pengaturannya.

Fungsi-fungsi Potensiometer

Jadi dengan kemampuan yang bisa mengubah resistansi atau hambatan, Potensiometer biasanya digunakan dalam rangkaian Elektronika dengan fungsi-fungsi sebagai berikut :

  1. Untuk pengatur Volume pada berbagai peralatan Audio/Video. Misal contohnya Amplifier, Tape Mobil, DVD Player.
  2. Untuk Pengatur Tegangan pada Rangkaian Power Supply.
  3. Untuk Pembagi Tegangan.
  4. Aplikasi Switch TRIAC.
  5. Digunakan sebagai Joystick pada Tranduser.
  6. Sebagai Pengendali Level Sinyal.

Baca Juga : Jenis Jenis Saklar

Prinsip Kerja Potensiometer

Potensiometer terdiri dari sebuah elemen resistif yang memiliki bentuk jalur (track) dengan terminal di kedua ujungnya. Namun terminal lainnya yaitu Penyapu (Wiper) yang digunakan untuk menentukan pergerakan pada jalur elemen resistif (Resistive).

Pergerakan Penyapu (Wiper) pada Jalur Elemen Resistif maka inilah yang mengatur naik-turunnya Nilai Resistansi Potensiometer. Elemen Resistif pada Potensiometer biasanya terbuat dari bahan campuran Metal (logam) dan Keramik ataupun Bahan Karbon (Carbon).

Dan berdasarkan Track (jalur) elemen resistif-nya, Potensiometer dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu Potensiometer Linear dan Potensiometer Logaritmik.

Demikian pembahasan mengenai Potensiometer dan pengertian, fungsi, beserta prinsip kerjanya semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Topologi Tree

Alfian Alfian
2 min read

Topologi Ring

Alfian Alfian
2 min read

Topologi Mesh

Alfian Alfian
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *