Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Perbedaan Jalan dan Lari

1 min read

Perbedaan Lari dan Jalan

Jika di dalam dunia atletik mungkin dikenal dengan istilah jalan ataupun lari. Jadi sebelum kita akan membahas mengenai perbedaan jalan dan lari, maka akan lebih baiknya kita mengerti terlebih dahulu pengertian dari keduanya.

Sebetulnya kedua istilah atletik itu hampir sama adalah berpindahnya tubuh dari posisi satu keposisi yang lainnya dengan cara melangkahkan atau menjalankan kaki secara bergantian. Dan yang membedakan adalah kecepatannya.

Berikut dibawah ini adalah mengenai pengertian jalan dan lari beserta perbedaan di antara keduanya.

Pengertian Jalan dan Lari

Jalan dan lari adalah olahraga yang paling murah dilakukan dan juga tidak membutuhkan sebuah teknik tertentu. Namun dengan berjalan atau berlari hidup kita bisa lebih sehat dan bugar jasmani.

1. Jalan

Berjalan

Jalan merupakan gerak perpindahan tubuh dari satu posisi ke posisi yang lainnya dan dengan melangkahkan kaki secara bergantian. Namun gerak tubuh dalam berjalan relatif didominasi oleh gerakkan kaki. Maka berjalan kaki bisa melatih kesegaran jasmani seseorang dan bisa melancarkan sirkulasi darah.

Selain itu, yang bisa membuat kondisi tubuh seseorang menjadi tidak cepat lelah dan dapat mengembalikan tubuh pada kondisi yang normal dan bisa mengurangi depresi. Maka dalam berjalan pun akan sangat kecil sekali terjadinya cedera. Sehingga berjalan itu bisa menyehatkan tubuh.

2. Lari

Lari

Lari adalah gerak perpindahan tubuh dari satu posisi ke posisi yang lainnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian tetapi dengan kecepatan yang lebih tinggi. Berlari juga mempunyai manfaat yang sama dengan berjalan.

Namun yang membedakan antara lari dan jalan yaitu kecepatannya. Maka dalam berlari rentan sekali terjadi cedera di area lutut dan pergelangan kaki. Maka cedera ini terutama bagi orang yang obesitas atau kelebihan badan. Maka hal tersebut anda harus tetap berhati – hati jika akan berlari.

Baca Juga : Kebugaran Jasmani

Perbedaan Jalan dan Lari

Berikut dibawah ini tabel perbedaan antara jalan dan lari sudah kami rangkumkan. Antara lain sebagai berikut :

Pembeda Jalan Lari
PengertianJalan yaitu gerak perpindahan tubuh dari satu posisi ke posisi yang lainnya. Dengan melangkahkan kaki secara bergantian.Lari yaitu gerak perpindahan tubuh dari satu posisi ke posisi yang lainnya. Dengan melangkahkan kaki secara bergantian dan secara cepat.
Kecepatan MaksimalKira – kira sekitar 8 km perjamRekor oleh usain bolt adalah 44 km perjam
Sudut LututNormalLebih banyak menekuk
Kontak dengan TanahSelalu kontak dengan tanah (paling tidak 1 kaki).Tidak selalu kontak dengan tanah (ada fase 2 kaki melayang).
CederaMinim terjadi cedera.Rentan cedera di area lutut dan pergelangan kaki utamanya bagi orang yang obesitas.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan jalan dan lari. Maka anda jangan lupa olahraga secara rutin agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Terima kasih

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Lempar Lembing

Alfian Alfian
3 min read

Kebugaran Jasmani

Alfian Alfian
3 min read

Budaya Hidup Sehat

Alfian Alfian
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *