Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Pengertian Diplomasi

2 min read

Hai teman-teman sekalian, mungkin kalian semua sering tidak mendengar istilah diplomasi? Atau juga kalian pernah mendapat tugas mengenai diplomasi?.

Dan atau ada yang lagi bingung mencari materi mengenai diplomasi, maka baiklah kabar baik untuk kalian karena pembahasan ini mengenai pengertian diplomasi dan beragai sub judul pelengkapnya.

Pengertian Diplomasi

Diplomasi adalah sebuah metode mapan mempengaruhi keputusan dan perilaku pemerintah asing dan masyarakat melalui dialog, negosiasi, dan langkah-langkah lain pendek perang atau kekerasan. praktek diplomatik modern adalah produk dari sistem negara pasca-Renaissance Eropa.

Secara historis, diplomasi berarti pelaksanaan hubungan resmi (biasanya bilateral) antara negara-negara berdaulat. Namun, pada abad ke-20, praktik-praktik diplomatik yang dipelopori di Eropa telah diadopsi di seluruh dunia, dan diplomasi telah meluas hingga mencakup pertemuan puncak dan konferensi internasional lainnya.

Diplomasi parlementer, kegiatan internasional entitas supranasional dan subnasional, diplomasi tidak resmi oleh unsur-unsur nonpemerintah, dan pekerjaan pegawai negeri internasional.

Pengertian Menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Ellis Briggs

Diplomasi adalah kegiatan urusan official dengan cara mengirim seseorang untuk mewakili pemerintahan. Tujuan diplomasi yaitu untuk menciptakan persetujuan dalam kecamata kebijakan (1967, p.202).

Geoffrey McDermott

Diplomasi adalah pertimbangan dalam sebuah manajemen hubungan internasional, masing-masing Negara, kaliber dan juga ukurannya.

Dan selalu ingin memelihara/mengembangkan posisinya dalam kancah Internasional, begitulah adanya, kendati faktanya akan lebih baik jika lebih sedikit negara nationally minded di dunia ini (1973. p.39).

Honore de Balzac

Ilmu pengetahuan bagi mereka yang tidak berkuasa, suatu ilmu pengetahuan menyenangkan yang selalu demi memenuhi dirinya sendiri. Suatu ilmu pengetahuan yang mengijinkan praktisinya untuk tidak mengatakan apapun dan juga berlindung berada di belakang anggukan kepala misterius.

Suatu ilmu pengetahuan yang mengatakan bahwa eksponen yang paling berhasil. Maka pada akhirnya ialah mereka yang mampu berenang bersama kepalanya diatas arus kejadian-kejadian yang pura-pura ia lakukan (p.37).

KBBI

Diplomasi adalah urusan penyelenggaraan perhubungan resmi antara satu negara terhadap dengan negara lain. Dapat juga diartikan sebagai urusan kepentingan sebuah negara dengan perantaraan wakil-wakilnya di negara lain.

Suwardi Wiriaatmadja, 1970

Diplomasi adalah prosedur hubungan antar negara bebas nilai dan juga akan bergantung pada kemampuan dan kecakapan mereka yang melaksanakannya.

David W Ziegler, 1984

Diplomasi adalah sebagai alat politik luar negeri dalam sebuah negara, diplomasi alat yang sangat vital dalam mengkomunikasikan antar negara-negara yang ada di dunia untuk menjamin terjalinnya perdamaian dunia.

Karena memang faktor terjadi pecahnya perang dikarenakan tidak terjalin komunikasi antar negara-negara yang saling bertikai seperti terjadinya perang dunia.

Fungsi Diplomasi

Adapun tiga Fungsi diplomasi yang dijelaskan dibawah ini sebagai berikut :

Representasi

Wakil negara yang ditunjuk dalam melakukan perundingan dan sebagainya membawa nama negara asal adalah wakil negara tersebut.

Negosiasi

Ditandai dengam adanya perundingan nego dengan negara lain yang berhubungan dengan permasalahan yan terjadi pada negara asal.

Reporting

Adalah fungsi perlindungan kepentingan berbangsa serta warga negaranya di tanah sebelumnya.

Tujuan Diplomasi

Berikut dibawah ini tujuan diplomasi menurut S L Roy, 1991 yaitu:

Tujuan Politik

Berkaitan dengan kebebasan politik dan integritas teritorialnya. Dan dalam konteks Indonesia adalah mempertahankan kemerdekaan yang telah diperoleh dan melindungi kedaulatan wilayah NKRI dari sabang sampai Merauke.

Tujuan Ekonomi

Berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.

Tujuan Kultur

Melestarikan serta memperkenalkan kebudayaan nasional pada dunia internasional.

Idiologi

Adalah mempertahankan kepercayaan dan keyakinan yang diyakini oleh sebuah bangsa dalam konteks Indonesia yaitu Pancasila.

Baca Juga : Pengertian Sistem

Ruang Lingkup Diplomasi

Departemen Luar Negeri (DEPLU)

Pada umumnya DEPLU mempunyai kedudukan di ibu kota negara yang mengirim dan mempunyai fungsi sebagai pihak atau badan yang mengatur politik luar negeri suatu negara.

Perwakilan Diplomatik

Diplomat mempunyai kedudukan di dalam suatu ibu kota negara lain. Perwakilan diplomatik ini mempunyai fungsi sebagai panca indera dan penyambung lidah dari negara yang diwakilinya.

Dan mempunyai tempat khusus di suatu negara untuk melakukan tugasnya dan diberi akses untuk melakukan aktivitas kerja diluar negera berdasarkan kesepakatan engan negara yang ditempati.

Demikian artikel ini mengenai pengertian diplomasi, fungsi, tujuan dan ruang lingkup suatu diplomasi. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Rumus Anuitas

Alfian Alfian
2 min read

Jenis Jenis Badan Usaha

Alfian Alfian
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *