Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Pengertian Demografi

2 min read

Pengertian Demografi

Pengertian Demografi – Mungkin diantara beberapa orang umumnya mendegar istilah tersebut namun bagi anda yang masih bingung tentang istilah tersebut. Tenang saja kami akan menjelaskan apa itu demografi mulai dari tujuan dan manfaat. Maka baiklah akan kita bahas artikel tersebut dibawah ini.

Pengertian Demografi

Demografi

Dalam secara umum kata demografi berasal dari bahasa Yunani “ demos” yang artinya rakyat ataupun penduduk, dan“ graphein” yang maksudnya menggambar ataupun melukis.

Maka dalam makna demografi dapat didefinisikan bagaikan cerminan mengenai penduduk yang mencakup jumlah, perkawinan, kelahiran, kematian, dan juga migrasi.

Demografi juga mempelajari tentang bermacam perubahan komposisi serta dinamika penduduk di sesuatu wilayah.

Maka, demografi dapat digunakan sebagai alat analisis penduduk di sesuatu wilayah bersumber pada bermacam kriteria, contohnya suku, ras, kewarganegaraan, agama, dan pendidikan.

Baca Juga : Ideologi Pancasila

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami apa itu demografi, maka kita dapat merujuk kepada komentar beberapa ahli berikut ini:

  • Menurut Dudley Duncan Demografi adalah ilmu yang menekuni membahas mengenai jumlah, persebaran teritorial dan komposisi- komposisi kependudukan.
  • Menurut David V. Glass Menurut beliau demografi adalah sesuatu riset penduduk sebagai akibat pengaruh dari proses demografi, adalah fertilitas, mortalitas, serta migrasi.
  • Menurut George W. BarclayBagi George penafsiran demografi adalah sesuatu cabang ilmu yang menggambarkan penduduk di sesuatu wilayah dalam bentuk statistika. Selain itu, demografi mempelajari bagaimana tingkah laku penduduk secara keseluruhan.

Tujuan Demografi

Adapun tujuan dari demografi itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Adanya karena akibat antara pertumbuhan penduduk dengan macam- macam aspek didalamnya.
  • Mendeskripsikan perkembangan penduduk di masa lalu, pertumbuhan menyusut serta naiknya penduduk.
  • Mempelajari jumlah serta penyebaran penduduk dalam wilayah bahkan negara tertentu.
  • Bisa meramalkan kependudukan yang akan datang, dan kemungkinan konsekuensinya.

Manfaat Demografi

Adapun beberapa manfaat, ada pula sebagian manfaat demografi yaitu sebagai berikut:

  • Dapat membantu pemerintah dalam mengevaluasi kinerja pembangunan dengan memperhatikan komposisi penduduk di masa lalu dan masa kini, dan bermacam aspek yang mempengaruhinya.
  • Dapat membantu pemerintah dalam membuat rencana pembangunan di bermacam bidang, baik bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lainnya.
  • Dapat memberikan data mengenai tingkatan pertumbuhan ekonomi sesuatu wilayah ataupun negara, adalah dengan melihat jumlah lapangan pekerjaan, jumlah warga yang bekerja, dan lainnya.
  • Dapat memberikan data mengenai tingkat kesejahteraan dan tingkat harapan hidup rata- rata penduduk di sesuatu wilayah maupun negara.

Variabel – Variabel Demografi

Variabel yang berhubungan dengan demografi ada banyak sekali, tetapi umumnya yang digunakan adalah:

  • Kelahiran (fertilitas ataupun natalitas)
  • Kematian (death/ mortalitas)
  • Migrasi (perpindahan)
  • Jenis kelamin
  • Umur
  • Jumlah
  • Penghasilan
  • Agama

Aspek Komponen Demografi

Adapun 4 Aspek komponen yang berkaitan dengan demografi diantaranya antara lain :

Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk adalah jumlah masyarakat perkapita yang jadi acuan perhitungan demokrasi. Jika jumlah penduduk sangat besar hingga pendapatan perkapita sangat besar.

Komposisi terhadap tingkatan mengkonsumsi ada tiga, pertama makin banyak penduduk yang berumur kerja produktif 15- 64 tahun rata- rata, dan makin besar tingkatan konsumsi. Maka semakin banyak penduduk bekerja, maka penghasilan juga makin tinggi pula.

Kedua semakin tinggi pendidikan, maka semakin besar pula tingkat konsumsinya, maka ketika seseorang makin tinggi pendidikannya maka kebutuhan hidupnya makin banyak pula.

Kemudian semakin banyak penduduk yang tinggal di daerah kota, pengeluaran konsumsi juga semakin tinggi. Karena pada umunya warga perkotaan lebih konsumtif di bandingkan pedesaan.

Baca Juga : Otonomi Daerah

Distribusi Penduduk

Penyebaran penduduk yang berkaitan dengan aspek geografis tempat tinggal seorang. Wilayah. Faktornya adalah geografis, ekonomi, sosial serta politik. Berbicara distribusi penduduk berarti akan berkaitan pula dengan pola pemukiman penduduk tersebut.

Faktor – faktor Non Ekonomi

Aspek ekonomi contohnya pada pola hidup sehat, kebiasaan makan, perubahan etika.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Demografi beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu serta wawasannya. Terima Kasih

Hijau
Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close