Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Makna Sila Ke 2

3 min read

Makna SIla Ke 2

Makna Sila ke 2 Pancasila berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Mempunyai sebuah arti & pengertian Bahwa Bangsa indonesia sebagaimana yang memeluk Ciptaan Tuhan YME dan harus di junjung Tinggi Harkat Martabatnya tanpa membedakan Agama, Suku dan Budaya keturunan.

Berdasarkan Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab salah satu mewujudkan bahwa manusia mengakui dan di perlakukan sesuai dengan harkat dan mertabatnya sebagai mahluk yang paling sempurna di bandingakan makluk lainnya yang sudah di ciptakan Tuhan YME.

Sehingga dengan berlandaskan Nilai itu dan di kembangkan dengan sikap saling mencintai antar sesama manusia. Memiliki sikap tegang rasa dan sikap tidak semaunya terhadap orang lain apa lagi terhadap sesama manusia yang memeluk agama Islam.

Manusia yang memiliki sikap adil dan juga beradap berarti mereka menjujung tinggi Nilai – Nilai Yang kemanusiaan. Dan mengajarkan untuk saling menghormati harkat dan juga martabat manusia. Dan menjamin Hak asasi Manusia.

Sehingga nilai kemanusiaan yang Adil Dan beradab, banyak membawa implikasi bahwa Negara memperlakukan setiap masyarakat dan Warga Negara harus mempunyai dasar pengakuan. Bahkan harkat dan martabat manusia dinilai dari kemanusiaan yang mengalir kepada martabatnya.

Kata Kemanusiaan di landas Dasarkan dari kata “Manusia”. Artinya Mahluk berbudi yang memiliki potensi Pikir, Rasa, Karsa Seta Cipta, Kata Kemanusiaan yang di utamakan berarti Sifat Manusia yang adalah esensi dan juga identitas Manusia yaitu Martabat Ke Manusiaanya.

Adapun kata Beradab yang berasal dari kata “ADAB” yang berarti Budaya, Maka setiap manusia yang memiliki Adab berarti dia Berbudaya.

Arti ini mengandung bahwa sikap yang Hidup, keputusan, dan tindakan yang selalu berdasarkan Nilai – Nilai dan Budaya.

Makna Sila Ke 2

Sikap Sila kedua Pancasila

Sikap kemanusiaan yang adil Dan beradab adalah kesadaran Sikap atau perbuatan Manusia yang sudah didasarkan terhadap potensi Hati Nurani Manusia. Antara hubungan Norma – Norma dan Kebudayaan umumnya, Baik terhadap diri sendiri maupun sesama manusia dan juga terhadap alam serta Hewan Citaan Tuhan YME.

Sehingga pada dasar dan Prinsipnya Kemanusiaan Yang Adil & Beradab adalah salah satu sikap dan perbuatan Manusia sesuai dengan Kodrat Dan Hakikat Manusia yang berbudi pekerti, dan juga berbudaya.

Manusia yang memiliki Sikap Moral dan tingkah laku yang didasarkan pada potensi hati Nurani manusia dalam menjalakan hubungan dan juga Norma – Norma dan Budaya yang terkait pada diri sendiri atau terhadap sesama manusia.

Baca Juga : Macam Macam Norma

Pentingnya Sila Ke Dua

Pancasila Sila Kedua ini Merupakan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia sehingga bisa di jadikan pedoman hidup bangsa Indonesia Untuk mencapai kesejahteraan lahir maupun batin Dalam Bermasyarakat Atau Beraneka Ragam.

Lalu pancasila menjadi jiwa dan kepribadian bangsa negara Indonesia. Banyak sekali Nilai – Nilai yang terkandung dalam Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab yaitu :

  • Sanggup mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya.
  • Sanggup Mengakui persamaan derajat antar sesama mahluk.
  • Sanggup mengembang sikap saling mencintai sesama manusia.
  • Sanggup mengembang sikap tegang rasa.
  • Sanggup mengembangkan sikap tidak semena – mena terhadap orang lain.
  • Sanggup menjujung tinggi Nilai kemanusiaan.
  • Wajib berani membela kebenaran.

Uraian Makna Sila Kedua

Demikian makna negara indonesia yang berdasarkan ketuhanan yang maha Esa. Maka negara memberikan jaminan kebebasan pada setiap penduduk agar memeluk Agama sesuai dengan keyakinan atau beribadah menurut agamanya dan kepercayaanya.

Negara indonesia tidak diperbolehkan dengan adanya pertentangan yang menyangkut dalam hal ketuhanan YME. Tidak Boleh memiliki sikap ataupun perbuatan yang anti ketuhanan YME.

Sehingga sila yang berlandaskan sikap kemanusiaan yang adil dan beradap. Yaitu mahluk yang berbudi pekerti dalam potensi manusia menduduki martabat yang tinggi dengan akan dan juga budaya manusia.

Maka untuk menjadikan kebudayaan yang tinggi dengan Hati Nurani. Manusia wajib menyadari Bahwa Nilai – Nilai dan Norma – Norma yang adil mengandung arti Bahwa suatu keputusan dan juga tindakan di dasarkan atas Norma yang obyektif dan Subyektif.

Baca Juga : Pelaku Ekonomi

Sehingga Kemanusiaan yang adil dan beradab adalah sikap dan kesadaran dalam perbuatan manusia yang didasarkan kepada potensi manusia dalam suatu hubungan beragama. Apabila dalam Sila Kedua ini bahwa kemanusiaan yang adil dan beradab telah disimpul dalam sebuah cita – cita Kemanusiaan yang lengkap untuk mewujudkan sikap adil dan beradap.

Arti Lambang Sila Ke-2

Arti Lambang Sila Ke-2
  • Mata Rantai Segi 4 : Laki-laki
  • Mata Rantai Lingkaran : Wanita
  • Mata Rantai Berkaitan : Perwujudan ikatan erat manusia dengan manusia lainnya saling bersatu.

Pembahasan :

Rantai rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini mengindikasikan hubungan manusia. Agar untuk saling membantu satu sama lain dengan tidak membedakan-bedakan status sosial atau lainnya.

Bentuk rantai segi 4 dan berbentuk lingkaran saling terkait menjadi simbol atau melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan perempuan.

Baca Juga : Makna Sila Ke 1

Contoh Sikap Makna Sila Ke 2 Pancasila

Berikut ini pembahasan contoh perilaku dalam kehidupan, mengenai makna yang tercantum Sila Kedua kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain :

  1. Dalam menghotmati Hak – Hak orang Lain : Jadi kita sebagai mahluk Alloh adalah Manusia di ciptakan dengan hak Masing – Masing yang melekat pada diri sendiri. Sehingga kita tidak boleh hanya memikirkan kepentingan diri kita sendiri tanpa memikirkan orang lain. Contohnya kita juga punya Hak untuk kenyamanan Hidup dengan mendengarkan Musik. Dengan posisi itu kita juga harus ingat orang lain atau tetangga memiliki hak untuk kenyaman Hidupnya.
  2. Dalam Bertindak Adil : Kita Manusia harus memiliki Sikap yang adil sepenuhnya dalam menjalankan hidup sehari – hari. Adil yang di maksud disini yaitu adil dalam tindakan moral bukan dalam tindakan Ekonomi.
  3. Dalam menunjukan Sikap Sopan Santun : Sopan Santun bukan hanya di tunjukan kepada orang yang lebih tua dari kita. Namun bahkan kepada anak – anak juga kita harus mempunyai sikap sopan santun. Bahkan bisa juga kepada semua orang atau kepada Hewan Ciptaan Tuhan YME.
  4. Dalam menghargai Pendapat Orang Lain : Sebagai mana mestinya kita tidak boleh menuntut untuk selalu dihargai orang lain atas pendapat kita. Namun apabila kita ingin di hargai orang lain maka kita juga harus menghargai orang lain. Untuk memaksakan Kehendak Kita kepada Orang Lain maka kita tidak boleh melakukan apa yang kita inginkan itu sesuatu perbuatan yang salah.
  5. Dalam Membela kebenaran : Kita harus mengerti mengenai kebenaran yang ada. Dan di tengah – tengah masalah yang akan terjadi meskipun ada Resiko yang akan menimpa kita. Seumpamanya kita mengetahui seseorang yang melakukan kecurangan saat ujian. Maka kita harus melakukan kejadian itu kepada ketua pelaksana.

Demikian pembahasan kami tentang Arti dan Makna Sila Ke 2 Lengkap dan Penjelasannya. Terima Kasih

Hijau
Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close