Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Macam-Macam Norma

3 min read

Norma secara umum adalah harapan dan aturan yang disepakati yang dengannya suatu budaya memandu perilaku anggotanya dalam situasi apa pun. Tentu saja, norma sangat bervariasi antar kelompok budaya. Misalnya, mempertahankan kontak mata yang cukup langsung ketika berbicara dengan orang lain.

Di sisi lain, mungkin mengalihkan pandangan mereka sebagai tanda kesopanan dan rasa hormat. Sosiolog berbicara tentang setidaknya empat jenis norma: cerita rakyat, adat istiadat, tabu, dan hukum. Folkways, kadang-kadang dikenal sebagai “konvensi” atau “kebiasaan,” adalah standar perilaku yang disetujui secara sosial tetapi tidak signifikan secara moral.

Pengertian Norma Menurut Ahli

Berikut dibawah ini ada beberapa pengertian Norma menurut para ahli.

Ridwan Halim

Norma adalah segala peraturan tertulis ataupun tidak, suatu peraturan yang berlaku sebagai pedoman yang wajib ditaati oleh setiap individu dalam masyarakat.

Bellebaum

Norma adalah sebuah alat untuk mengatur setiap indivudu dalam suatu masyarakat agar berperilaku sesuai dengan sikap dan keyakinan tertentu yang berlaku di masyarakat tersebut.

Craig Calhoun

Norma adalah pedoman dan aturan yang menyatakan mengenai bagaimana cara seorang individu layaknya bertindak dalam situasi tertentu.

Tujuan Norma

Norma memiliki tujuan baik untuk menjadi sebuah pedoman, arahan, dasar, dan tata tertib bagi anggota masyarakat agar tercipta lingkungan masyarakat yang teratur dan tenteram, serta untuk mengatur tingkah laku masyarakat serta membedakan mana yang salah dan mana yang benar.

Maka agar tercipta tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang tertib, aman, rukun, dan damai jika menaati norma. Masyarakat yang taat norma bisa menciptakan kehidupan yang adil, tentram, nyaman dan tentram. Tentu hal ini sangat baik untuk hidup bernegara.

Fungsi Norma

Berikut dibawah ini beberapa fungsi norma dalam masyarakat

  1. Menciptakan keterlibatan dan keadilan dalam masyarakat.
  2. Menjadi dasar untuk memberikan sanksi kepada warga yang melanggar norma.
  3. Membantu mencapai tujuan bersama masyarakat.
  4. Menciptakan kenyamanan, kemakmuran, dan kebahagiaan anggotanya.
  5. Mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nilai yang berlaku.

Macam-Macam Norma dan Contohnya

1. Norma Agama

Norma agama merupakan petunjuk hidup yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Disampaikan melalui utusan-Nya dan berisi mengenai anjuran, larangan dan perintah.

Norma agama adalah perintah yang wajib dilakukan oleh seluruh manusia di dunia, terdapat larangan yang tidak boleh dilakukan. Dan terdapat anjuran sunnah untuk dilakukan oleh manusia yang artinya aturan tersebut dianjurkan untuk dilakukan.

Contoh-Contoh Norma Agama

  • Selalu rajin beribadah kepada tuhan
  • Selalu berbuat baik kepada sesama manusia
  • Tidak boleh melakukan pembunuhan sesama manusia
  • Selalu menghormati orang tua dan berbakti
  • Tidak boleh melakukan kejahatan

Jika melanggar norma agama akan diberi sanksi oleh tuhan diakhirat kelak.

2. Norma Susila

Norma Susila adalah sebuah aturan ketentuan sosial yang dilakukan untuk mengatur cara manusia untuk berperilaku yang baik secara umum dan bersumber dari hati nurani manusia itu sendiri.

Kaidah norma kesusilaan memberikan manfaat sebagai petunjuk bagi manusia agar bertingkah laku maupun bersikap dalam lingkungan masyarakat yang baik.

Contoh-contoh Norma Kesusilaan

  • Berbuat baik kepada sesama manusia
  • Saling menghargai kepada orang lain
  • Selalu berbuat jujur kepada orang lain
  • Dilarang saling membunuh sesama manusia
  • Dilarang mencuri barang milik orang lain

Sanksi bagi yang melanggar norma susila mala akan timbul perasaan malu terutama ketika bertemu orang banyak termasuk perasaan menyesal setelah melakukan pelanggaran kesusilaan.

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah aturan memandu tingkah laku manusia agar sesuai dengan kaidah sopan santun dalam kehidupan masyarakat. Norma ini memiliki hubungan dengan tingkah laku menghargai, menghormati, dan saling peduli dalam masyarakat.

Norma kesopanan merupakan suatu tindakan sosial agar dipandang baik, tertib, dan penuh kepedulian. Tindakan sosial yang dilakukan melintang luas, dari cara berpakaian, tata krama, gestur, adat istiadat.

Contoh-contoh norma Kesopanan

  • Memakai pakaian yang rapi ketika akan bersekolah
  • Bagi yang muda selalu menghormati kepada yang lebih tua umurnya
  • Selalu pamit kepada orang tua ketika akan pergi
  • Jangan berbuat kenakalan di lingkungan masyarakat

Bagi orang yang melanggar norma kesopanan maka akan dipandang sinis, tak tau sopan santun, tidak menghargai budaya setempat, tidak peduli terhadap orang-orang di sekitar, dan sebagainya.

4. Norma Hukum

Norma hukum adalah peraturan sosial dibuat oleh pemerintah dengan tegas agar dapat masyarakat mudah diatur dalam berperilaku yang baik dalam kehidupan bernegara.

Norma hukum adalah sebuah peraturan yang biasanya terdapat pada undang-undang, peraturan, ketentuan, ataupun lain sebagainya yang akan dibentuk oleh negara.

  • Pasal 362: Barang siapa mengambil barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.
  • Pasal 51 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999: yang akan menyatakan bahwa Kepala Daerah akan diberhentikan oleh Presiden tanpa adanya melalui Keputusan DPRD apabila dia terbukti melakukan tindak pidana kejahatan yang akan diancam dengan hukuman 5 tahun atau lebih atau yang diancam dengan hukuman mati dimana sebagaimana yang diatur dalam Kitab UU Hukum Pidana.

Berikut ini adalah norma hukum yang sering diterapkan pada kehidupan berbangsa maupun bernegara.

  1. Setiap warga wajib memiliki KTP jika sudah umur 17 tahun.
  2. Kepala keluarga wajib memiliki kartu keluarga.
  3. Menjaga keamanan dan kenyamanan dilingkungan
  4. Tiap anak harus mengikuti pendidikan maupun sekolah.
  5. Orang yang berbuat kesalahan, maka harus dihukum seperti korupsi.

Sanksi bagi pelanggar norma hukum dapat berupa pidana penjara atau denda atau pernyataan tidak sahnya suatu perbuatan. Sanksi tersebut dapat dipaksakan oleh lembaga yang berwenang.

Baca Juga Ulasan Perusahaan Jasa

Manfaat Norma

  1. Mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nilai yang berlaku.
  2. Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat. 
  3. Membantu mencapai tujuan bersama masyarakat .
  4. Bisa menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa.
  5. Menjadi dasar untuk memberikan sanksi kepada warga masyarakat yang melanggar norma.

Demikian mengenai macam-macam norma semoga dapat bermnafaat untuk anda yang sedang belajar atau sedang mengerjakan tugas dari guru, bisa menjadikan bahan referensi. Terima Kasih

Hijau
Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close