Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Kapilaritas

2 min read

Kapilaritass

Kapilaritas – Pada perjumpaan kali ini kita akan mengulas materi mengenai Kapilaritas mulai dari Pengertian, Rumus, Faktor, Manfaat dan Contoh Peristiwa. Maka untuk melengkapi tema dari materi makalah kapilaritas kali ini, maka simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kapilaritas

Kapilaritas

Kapilaritas atau disebut dengan Gaya kapiler adalah suatu fase meresapnya zat cair dengan melalui celah yang sempit atau sebuah pipa rambut. Pada gejala ini disebabkan oleh adanya suatu gaya adhesi atau kohesi yang terjadi diantara zat cair dengan dinding celah tersebut.

Pengertian kapilaritas merupakan suatu gejala naik dan turunnya permukaan zat cair yang terjadi di dalam pipa yang sempit atau pipa disebut dengan kapiler.

Contoh adanya suatu gaya kapiler atau disebut dengan kapilaritas yaitu seperti yang terjadi pada kompor minyak tanah. Dimana jika anda perhatikan sumbu kompor akan menyerap minyak sehingga minyak tersebut akan naik sehingga akhirnya kompor pun dapat nyalakan.

Contoh kemudian yaitu proses naiknya air yang terjadi di dalam tanah yang dialirkan dari akar hingga menuju ke bagian daun. Maka dengan proses tersebut terjadilah sebuah peristiwa fotosintesis.

Baca Juga : Kristalisasi

Gejala kapilaritas

Adapun beberapa Gejala kapilaritas dari zat cair seperti keterangan sebagai berikut ini :

Air

Jika pipa kapiler diisi dengan air maka pada permukaannya akan menjadi naik. Karena ada sebuah gaya tarik menarik yang terjadi diantara sejumlah partikel dinding pipa dengan partikel air yang lebih besar.

Dibandingkan dengan gaya tarik menarik diantara partikel air tersebut. Dengan istilah lain adhesinya akan menjadi lebih kuat daripada kohesi.

Raksa

Apabila pada sebuah pipa kapiler diisi dengan raksa maka pada permukaannya akan menjadi menurun. Karena terjadi sebuah gaya tarik menarik antara sejumlah partikel raksa yang lebih kuat. Daripada gaya tarik menarik yang berada diantara partikel dinding dengan partikel raksa.

Dengan istilah lain kohesi akan menjadi semakin lebih kuat daripada adhesi. Tetapi besar atau kecilnya kapilaritas dapat ditentukan oleh lebar atau sempitnya pipa dan adanya adhesi serta kohesi.

Rumus Kapilaritas

Rumus h = 2y Cos 0
       p.g.r
Keterangan h = kenaikan dan penurunan permukaan fluida dalam pipa kapiler (m)
γ = tegangan permukaan zat cair (N/m)
θ = sudut kontak (derajat)
ρ = massa jenis zat cair (kg/m3)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
r = jari-jari pipa kapiler (m

Manfaat dan Kerugian Kapaliritas

1. Pada Manusia

Maka dimana Hemoglobin akan menerima suatu oksigen yang diperoleh dari paru paru dan lalu akan keluarkan kembali ketika sel darah merah (eritrosit) mulai melalui pembuluh kapiler.

2. Pada Hewan Ikan

Pada suatu Filamen yang berada di dalam pembuluh darah insang yang mengandung pembuluh kapiler. Untuk membantu dalam memudahkan suatu tahapan dalam pertukaran oksigen dan karbondioksida.

3. Pada Tumbuhan

Dimana Kapiler adalah sebuah unsur dari rambut akar dan batang tumbuhan yang berlangsung. Maka air dan zat hara dari dalam tanah akan menadi naik dan langsung menuju kebagian batang, lalu ke dahan, dan ranting tumbuhan.

Kerugian Kapilaritas

  • Akan dapat membuat dinding rumah mengalami keretakan yang disebabkan oleh pori pori dinding yang menyerap air dalam tanah.
  • Membuat Lumut yang melekat pada bagian dinding
  • Membuat Cat pada yang melapisi dinding rumah akan menjadi rusak yang disebabkan oleh adanya air yang diserap oleh dinding.

Contoh Kapilaritas Sehari Hari

Di bawah ini ada beberapa contoh gejala kapilaritas yang berkaitan dengan peristiwa alam sebagai berikut :

  • Berlangsungnya sebuah peristiwa naiknya air dari ujung akar ke daun yang berlangsung pada tumbuhan. Maka dengan peristiwa tersebut terjadilah sebuah proses fotosintesis.
  • Berlnagsungnya sebuah peristiwa naiknya minyak tanah yang terjadi pada sumbu kompor maka membuat kompor dapat menyala.
  • Berlangsungnya sebuah peristiwa naiknya minyak tanah yang terjadi pada sumber lampu tempel maka membuat lampu dapat menyala.
  • Berlangsungnya sebuah peristiwa basahnya dinding tembok rumah di pada dalam ketika hujan. Disebabkan tembok bagian luar terkena percikan air hujan maka mengalami penyerapan dan membasahi seluruh bagian tembok yang di dalam.
  • Berlangsungnya sebuah peristiwa dimana pada Air yang menggenang dapat diserap dengan memakai kain pel atau bahan spons dan kertas isap.

Baca Juga : Elektrolisis

Contoh Soal Kapilaritas

Contoh Soal 1

Pada suatu pipa kapiler mempunyai diameter 0,6 mm lalu dimasukkan secara tegak lurus ke dalam sebuah bejana yang berisi air raksa (ρ = 13.600 kg/m3). Sudut kontak raksa dengan dinding pipa yaitu 140o. Apabila tegangan permukaan raksanya yakni 0,06 N/m. Maka berapa penurunan raksa dalam pipa kapiler tersebut? ( g = 9,8 m/s2) .

Pembahasan :

Diketahui :

  • d=0,6mm=6×10-4m
  • r = 3 x 10-4 m
  • γ = 0,06 N/m
  • ρ (raksa) = 13.600 kg/m3
  • g = 9,8 m/s2
  • θ = 140o

ditanyakan penurunan permukaan raksa di pipa kapiler (h)

Jawab :

  • h=2γ.cosθ/ρ.g.r
  • h = 2. 0,06. cos 140o / 13.600.9,8.3 x 10-4
  • h = -0,092/ 39,384
  • h = -0,0023 mm

Contoh Soal 2

Suatu tabung berdiameter 0,4 cm. Apabila dimasukan kedalam air secara vertikal sudut 60o. Jika tegangan permukaan air ialah 0,5 N/m, maka tentukanlah kenaikan air dalam tabung tersebut

Pembahasan

  • h=2γcosθ/ρg r
  • h = 2 (0,5) cos 60o / (103) (10) (2 x 10-3)
  • h = 2 (0,5) (½)/20
  • h = 0,025 m
  • h = 2,5 cm

Demikian materi kali ini mengenai kapilaritas, semoga dapat bermanfaat serta menjadi sumber referensi bagi anda semua. Terima Kasih

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Hukum Lenz

Alfian Alfian
2 min read

Gaya Lorentz

Alfian Alfian
2 min read

Energi Potensial

Alfian Alfian
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *