Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Jenis Jenis Saklar

1 min read

Jenis Jenis Saklar

Saklar adalah termasuk dalam salah satu komponen terpenting pada setiap rangkaian atau perangkat elektronik. Saklar atau Switch yaitu sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan atau menghubungkan aliran arus listrik.

Namun pada saat ini memang sudah banyak dalam memakai saklar yang menggunakan sensor maupun rangkaian yang terdiri komponen semikonduktor contohnya seperti transistor, IC dan dioda.

Tetapi saklar mekanik atau mechanical switch memang masih tetap memegang peranan penting dalam semua perangkat atau peralatan listrik dan elektronik.

Pengertian Saklar

Saklar umunya adalah perangkat mekanik yang terdiri dari dua atau lebih terminal yang terhubung secara internal ke bilah atau kontak logam yang bisa dibuka dan juga dapat ditutup oleh penggunanya. Aliran listrik akan mengalir jika suatu kontak dapat dihubungkan dengan kontak lainnya.

Dan sebaliknya, jika aliran listrik akan terputus apabila hubungan itu dibuka atau juga dipisahkan. Dan selain sebagai komponen untuk menghidupkan (ON) dan mematikan (OFF) perangkat elektronik.

Saklar juga difungsikan sebagai pengendali untuk mengaktifkan fitur-fitur tertentu pada suatu rangkaian listrik. Misalnya seperti pengatur tegangan pada pencatu daya, Sebagai pengatur Volume di Ponsel dan sebagai pengatur.

Jenis – Jenis Saklar

Saklar yang kita gunakan saat ini mempunyai bentuk dan desain yang berbeda-beda. Namun ada banyak cara untuk melakukan penggolongan terhadap saklar mekanik ini.

Jadi salah satunya yaitu penggolongan dengan bentuk dan gerakan yang bisa digunakan oleh penggunanya dalam menutup dan membuka kontak.

Berikut dibawah ini yaitu jenis-jenis Saklar listrik mekanik yang digolongkan berdasarkan cara gerakan saklarnya.

Jenis jenis Saklar

1. Push Button Switch

Push Button Switch adalah sebuah jenis saklar dua posisi yang bisa menghubungkan aliran arus listrik pada saat pengguna menekannya dan juga dapat memutuskan hubungan listrik itu jika melepaskannya.

2. Toggle Switch

Toggle Switch atau Saklar Pengalih merupakan sebuah saklar yang digerakan oleh tuas yang miring ke salah satu posisi dari dua posisi atau lebih untuk dapat menghubungkan atau memutuskan aliran listrik.

Umunya Saklar Tuas dirancang menetap pada satu posisi, tetapi ada juga jenis saklar tuas yang mempunyai mekanisme pegas internal untuk mengembalikan tuas ke posisi tertentu.

3. Selector Switch

Selector Switch atau Saklar Pemilih merupakan sebuah saklar yang dioperasikan dengan cara memutar dan umunya digunakan pada rangkaian yang membutuhkan pilihan lebih dari 2 posisi. Dalam penggunanya bisa memutar dengan jari tangannya untuk memilih posisi tertentu.

Selector Switch ini umunya diaplikasikan pada Pencatu Daya untuk dapat memilih tegangan yang diinginkan, contohnya sebagai pemilih fungsi pengujian (Ohm, Volt, Ampere) pada Multimeter, Pemilih Suhu pada Oven dan lainnya.

4. Limit Switch

Limit Switch atau Saklar Pembatas merupakan sebuah saklar yang banyak digunakan pada mesin-mesin untuk dalam keperluan otomasi industri. Biasanya, di ujung tuas saklar pembatas ini ada sebuah bantalan (bearing) roller kecil yang berguna untuk mencegah aus-nya tuas pada limit switch itu.

Karena kontak berulang kali dengan bagian-bagian mesin. Limit switch atau saklar pembatas umunya digunakan untuk mengendalikan mesin sebagai bagian dari sistem pengendali, sebagai pengaman dan juga penguncian maupun menghitung objek yang melewati suatu titik.

Baca Juga : Gerbang Logika Dasar

Penggolongan Saklar lainnya

Jadi selain penggolongan yang berdasarkan bentuk dan gerakannya, saklar mekanis bisa diklasifikasikan berdasarkan jumlah kontak dan kondisi yang dimilikinya, antara lain :

SPST : Single Pole Single Throw

SPDT : Single Pole Double Throw

DPST : Double Pole Single Throw

DPDT : Double Pole Double Throw

SP6T : Single Pole Six Throw

Demikian pembahasan mengenai Jenis-jenis saklar semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima Kasih

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Topologi Tree

Alfian Alfian
2 min read

Topologi Ring

Alfian Alfian
2 min read

Topologi Mesh

Alfian Alfian
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *