Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Fungsi Tulang Telapak Tangan

3 min read

Fungsi Tulang telapak tangan

Tulang telapak tangan adalah titik pertemuan pada sebuah bagian tulang falang dan ibu jari yang ke dalam pergelangan tangan. Berguna untuk menstabilkan daerah telapak tangan dan juga punggung tangan kita.

Selain itu, Adapun lima tulang metakarpal, jadi setiap tulang telapak tangan terhubung ke falang proksimal dari jari bersangkutan.

Pengertian Fungsi Dari Telapak Tangan

Tulang telapak tangan merupakan sebuah struktur kerangka tengah tangan yang membentuk hubungan antara tulang karpal dan falang.

Tidak mungkin bagi Alloh SWT menciptakan telapak tangan jika tidak ada fungsinya. Jadi yang perlu kita ketahui bahwa tangan yang ada pada diri kita manusia yang telah di gunakan sekarang ini. Tidak bisa bekerja sedemikian rupa karena adanya tulang telapak tangan atau ossa carpus dan ossa carpal.

Adapun beberapa fungsi tulang telapak tangan pada manusia di bawah ini :

  • Untuk tempat menempelnya ujung otot Tangan bawah atau otot kecil pada jari.
  • Untuk tempat melekatnya ( jaringan ikat ) pada tulang jari atau tulang lengan bawah ( pengumpil atau hasta)
  • Menjaga jari – jari yang ada pada tangan agar tidak terlepas maupun tidak terurai karena adanya jaringan ikat.
  • Menyusun bentuk tangan atau telapak tangan manusia maka dapat terbentuk seperti sekarang ini
  • Sebagai alat untuk pergerakan pasif kepada ekstremitas atas manusia
  • Sanggup memberikan stabilitas pada tangan saat bergerak
  • Sanggup memberikan kekuatan struktur tangan makaa mampu menahan beban yang berat
  • Sebab adanya tulang tangan (os. carpal / carpus), tangan mampu dibengkokkan sedikit (abduksi) ke arah tulang pengumpil (radius) dan juga di bengkokkan 40 derajat (abduksi) ke arah tulang hasta.
  • Berguna dalam gerakan palmar flexion dan dorsoflexion (perhatikan gambar di bawah).
Fungsi Tulang Telapak Tangan

Bagian Tulang Telapak Tangan

Pada tulang telapak tangan mempunyai dua bagian utama, adalah :

  • Bagian Keras

Jadi pada di bagian keras ada beberapa bagian tulang yang keras adalah tulang penghubung. Carpal adalah bagian tulang yang berbentuk bulat dan pendek yang berjumlah 8 buah, beratikulasi ataupun bersambungan dengan ujung tulang distal dan juga radius.

  • Bagian Lunak

Di bagian lunak telapak tangan yang bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda. Terdiri dari bagian yang berurutan, di telapak tangan juga ada tulang yang lunak maka mudah terjadi kerusakan tulang dan juga mengalami patah tulang.

Baca Juga : Fungsi Tulang Betis

Letak Tulang Telapak Tangan

Tulang metakarpal berada di posisi tengah, antara tulang pergelangan tangan dan tulang jari tangan di dalam struktur pada tulang manusia.

Letak Tulang Telapak Tangan

Struktur Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan memang berfungsi agar tangan dapat melakukan aktifitas seperti kekurangan, ketika salah satu meta karpal, adalah ketika menempel pada bagian ibu jari dan berada di jari kelingking, saling berdekatan, keringkungan telapak tangan menjadi menonjol.

1. Otot Tulang Telapak Tangan

Otot ini adalah otot yang sangat berguna untuk membatu kekuatan tangan berperan penting dalam memberikan kekuatan pada jari-jemari. Ketika melakukan gerakan motoris atau aktifitas lainya, adalah kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan fisik.

2. Penyebab Cedera Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan bisa mengalami cedera, contohnya patah jika terkena pukulan langsung yang keras. Jadi keadaan ini banyak dialami oleh petinju dan atlit olah raga. Maka sering terjadi yang menyerang tulang telapak tangan bisa lama sembuh nya. Sampai akan terjadi cedera struke ketangkasan tangan secara permanen.

Saraf Telapak Tangan

Saraf yang berada di telapak tangan bersatu dengan pergelangan. Jadi semua saraf itu berjalan kearah sisi tangan berdampingan dengan pembuluh darah. Maka saraf membawa sinyal dari otak ke otot untuk menggerakkan otot-otot di telapak tangan. Selain itu, saraf juga membawa sinyal kembali ke otak agar kita bisa merasakan sensasi contohnya sentuhan, rasa sakit, dan suhu.

1. Gangguan Pada Otot Telapak Tangan

Struktur otot yang tampak dari telapak tangan menunjukkan betapa rumit dan kompleks nya anggota tubuh yang satu ini. Jadi untuk masalah kecil pada telapak tangan mungkin saja bisa mengganggu fungsi tangan keseluruhan.

Walaupun mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing, tetapi setiap bagian telapak tangan berkaitan satu sama lain. Sehingga, apabila ada satu atau beberapa bagian telapak tangan mengalami gangguan. Maka akan berdampak langsung pada kemampuan anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Adapun beberapa kondisi umum yang dapat memengaruhi telapak tangan, antara lain :

2. Infeksi Telapak Tangan

Infeksi yang terjadi di telapak tangan dapat diakrenakan oleh banyak hal, antara lain.

  1. Salah satu infeksi yang dapat menyerangan telapak tangan anda adalah keram atau kesemutan. Jadi untuk kondisi ini bisa disebabkan karena adanya infeksi jamur, bakteri, atau parasit yang menumpuk di bawah kulit dan di telapak tangan.
  2. Terkadang, keram juga dapat terjadi karena anda sering kuku, kependekan memotong kuku, pakai kuku palsu, atau terlalu lama memakai sarung tangan yang lembap.
  3. Telapak tangan yang mengalami infeksi akan tampak bengkak, meradang, dan terasa nyeri. Kulit di sekitar telapak tangan akan mengkerut. Apabila tidak ditangani dengan cepat, kondisi ini bisa membuat telapak tangan anda mengeras dan rusak. Dan juga bahkan lebih parahnya lagi, kondisi ini dapat menimbulkan telapak tangan anda akan matirasa.

Baca Juga : Fungsi Epidermis

Cara Pengobatan Telapak Tangan Sakit

Pada fungsinya, pilihan pengobatan tradisional atau tindakan medis untuk mengatasi berbagai gangguan telapak tangan yang sudah disebutkan di atas tergantung pada penyebabnya atau terapi fisik yang harus anda lakukan.

Tips Untuk Melindungi Telapak Tangan

Setelah anda mengetahui struktur telapak tangan, serta berbagai gangguan yang akan terjadi, sangat penting bagi anda untuk menjaga dan melindungi organ di sekeliling anda. Beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk melindungi telapak tangan di antaranya:

  • Menghindari aktivitas telapak tangan supaya tidak mengangkat beban yang terlalu berat
  • Menjaga kebersihan telapak tangan sehinga risiko infeksi bisa dicegah
  • Selalu berhati-hati ketika bertindak untuk mencegah terjadinya cedera atau trauma di telapak

Rangkaian Tulang Telapak Tangan Pada Manusia

  • Tulang hata
  • Tulang pergelangngan membentuk sabit
  • Tulang bundar kecil
  • Tulang tulang telapak tangan
  • Tulang pengumpil
  • Tulang berlikat tulang panggkal lengan
  • Tulang kerudung
  • Tulang trapesium
  • Tulang jari tangan
  • Tulang ruas jari belakang
  • Tulang ruang ujung jari
  • Tulang ruas jari belakang
  • Tulang ruas jari tengah
  • Tulang ruas ujung jari

Kesimpulan

Tulang telapak tangan akan memiliki arti dan bagian-bagian maka telapak tangan yang ada pada manusia. Tulang ini berfungsi sebagai tempat tulang-tulang jari dan telapak tangan dan mencengram.

Demikian pembahasan mengenai fungsi tulang telapak tangan. Semoga memberikan manfaat untuk kita semua. Amin Terima kasih

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Fungsi Sendi Kaku

Alfian Alfian
2 min read

Fungsi Sendi Geser

Alfian Alfian
1 min read

Fungsi Sendi Putar

Alfian Alfian
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *