Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Fungsi Tilakoid

2 min read

Fungsi Tilakoid

Fungsi Tilakoid – Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas materi mengenai Fungsi Tilakoid mulai dari Pengertian, Struktur, Gambar dan Mekanisme. Maka untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka simak langsung aja ulasannya berikut dibawah ini.

Pengertian Tilakoid

Fungsi Tilakoid

Tilakoid adalah sebuah struktur membran yang terkait pada lembaran yang menjadi sebagai sebuah tempat reaksi fotosintesis terang pada kloroplas dan cyanobacteria. Tilakoid juga adalah suatu lokasi yang di dalamnya terkandung klorofil yang biasa digunakan untuk menyerap cahaya dan juga untuk reaksi biokimia.

Pada awlnya istilah kata tilakoid berasal dari kata Green tylakos, yang dapat diartikan sebuah kantong. Lalu disusun dengan akhiran -oid, “tilakoid” artinya “seperti kantong.”

Selain itu, Tilakoid dapat disebut lamela, meskipun istilah ini dapat dipakai untuk merujuk pada bagian dari tilakoid yang saling terkait pada grana. Dimana tilakoid, adalah sebuah struktur kecil, bulat, rata, dan memiliki bentuk seperti bantal yang berada di dalam kloroplas.

Sedangkan bagian fungsional dari kloroplas adalah membran dan lumen. Dengan adanya pigmen hijau yang bisa menangkap cahaya. Sedangkan klorofil dijumpai di membran tilakoid, yang ditahan oleh protein membran.

Lalu pada klorofil tersusun berada di dalam fotosistem 1 dan fotosistem 2 pada membran tilakoid. Lalu pada energi cahaya yang di bisa dari sinar matahari akan diubah menjadi energi listrik oleh klorofil.

Energi listrik dalam hal ini akan berbentuk seperti elektron yang berenergi tinggi yang dialiri dengan melalui sebuah protein membran dari satu ke lainnya. Maka bisa memberikan memompa stamina dan membentuk sebuah dengan terpompanya proton dari stroma ke lumen tilakoid.

Baca Juga : Fungsi Sitoskeleton

Fungsi Tilakoid

Adapun beberapa fungsi tilakoid yang perlu anda ketahui, sebagai berikut:

  • Sebagai sebuah tempat untuk menyimpan pigmen fotosintesis
  • Sebagai penghubung antar grana
  • Dapat membantu dalam reaksi cahaya

Struktur Tilakoid

Jadi pada Fase terang dari fotosintesis berlangsung di tilakoid. Dimana di sana telah diproduksi suatu molekul ATP dan NADPH2 yang lalu akan digunakan kembali dalam fase gelap fotosintesis. Adapun kegunaan atau fungsi yang paling utamanya yaitu untuk menyerap foton yang di bisa dari sinar matahari.

Dimana Membran tilakoid adalah lipid bilayer yang hampir mirip dengan membran sel organisme fotosintesis prokariotik. Contohnya seperti sejumlah bakteri dan juga ganggang. Dimana pada Membran ini juga mempunyai lipid asam yang sangat penting dalam memelihara sistem foto.

Disamping itu, mereka memiliki beberapa besar galaktolipid dan asam linolenat. Dan yang bisa mendukung dan membantu dalam fluiditas membran. Pada Struktur yang cukup unik ini masih sangat membutuhkan sejumlah besar dari reaksi kompleks guna disintesis. Maka akan melibatkan pengangkutan sejumlah prekursor lipid dengan melewati vesikel endoplasma.

Selain itu, struktur Tilakoid juga tersusun atas berbagai protein, hal tersebut baik transmembran maupun integral (yang memiliki sebuah komunikasi dengan kedua sisi membran. Seperti sistem foto I dan juga II, kemudian sitokrom dan ATP sintase) dan periferal (yang hanya memiliki selaksa kegiatasn dalam sebagian) membran, baik internal seperti contohnya plastosianin maupun eksternal yang berperan sebagai ferredoksin.

Tilakoid Pada Organisme Lain

Cyanobacteria adalah sebuah organisme prokariotik yang memiliki tilakoid, meskipun tidak ada kloroplas. Tetapi, dimana letak dari membran tilakoid berada tepat di bawah dinding dan juga membran sel, yang biasanya digunakan sebagai sebuah tempat untuk menangkap cahaya, yang mana respirasi dan fotosintesis berlangsung.

Selain itu, tilakoid cyanobacterial juga memiliki suatu set butir seperti hal nya yang ada pada tumbuhan, dimana membran tilakoid memiliki plastisitas struktural yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan. Dalam hl ini Tidak seperti sel bakteri lainnya.

Dimana cyanobacteria memiliki suatu organisasi seluler yang lebih besar pada saat pembelahan mereka berlangsung. Sehingga perlu untuk mensintesis setiap komponen lipid dan juga semua protein yang berada dari membran eksternal dan plasma, yang terletak di samping dinding sel dan tilakoid.

Baca Juga : Fungsi Leukoplas

Q&A

Apa yang dimaksud dengan Tilakoid ?

Adalah sebuah struktur membran yang terkait pada lembaran yang menjadi sebagai sebuah tempat reaksi fotosintesis terang pada kloroplas dan cyanobacteria.

Sebutkan Fungsi Dari Tilakoid ?

Sebagai sebuah tempat untuk menyimpan pigmen fotosintesis
Sebagai penghubung antar grana dapat membantu dalam reaksi cahaya.

Dimanakan Letak Stroma Berada?

Atroma bertempat pada bagian dalam kloroplas dimana di dalamnya terkandung DNA , RNAs, ribosom, stroma dan granum.

Demikian pembahasan mengenai fungsi tilakoid kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian. Terima Kasih

Rizki
Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Crustacea Adalah

Rizki Rizki
3 min read

Struktur Tubuh Amoeba

Rizki Rizki
2 min read

Fungsi Selubung Mielin

Rizki Rizki
2 min read
close