Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Fungsi Selubung Mielin

2 min read

Selubung Mielinn

Fungsi Selubung Mielin – Pada pembahasan kali ini mengenai Fungsi Selubung Mielin yang dibahas mulai dari Pengertian, Struktur, Gambar dan Penjelasannya.

Maka untuk melengkapi materi kali ini, simak ulasan selengkapnya sebagai berikut dibawah ini.

Pengertian Selubung Mielin

Selubung Mielin

Selubung mielin adalah sebuah lapisan yang ada pada akson neuron. Dimana selubung mielin berperan untuk mengurangi kapasitansi dan menambah daya listrik untuk konduksi listrik yang sangat cepat.

Maka pada selubung mielin disusun oleh oligodendrosit yang ada di dalam sistem saraf pusat dan oleh sel Schwann yang berada pada sistem saraf tepi.

Dari semua kegiatan atau tindakan baik kecil maupun besar yang kita lakukan (contohnya ketika sedang membaca isi artikel ini, dan lalu terus mengarah ke bagian bawah untuk mengetahui lebih lanjut).

Adalah salah satu hasil dari impuls listrik yang diperoleh dari sejumlah neuron. Dari sejumlah neuron bisa diklasifikasikan kedalam tiga jenis neuron sensorik, yakni seperti neuron motorik, interneuron.

Dimana pada Neuron sensorik mendapatkan suatu rangsangan sensorik yang di dapatnya dari sebuah jaringan dan organ. Namun pada neuron motorik bisa memperoleh berbagai data dari neuron sensorik.

Lalu akan kembali direncanakan untuk mengatur respon tertentu, kemudian untuk interneuron sendiri yaitu sebuah penghubung antara neuron sensorik dan motorik.

Baca Juga : Fungsi Tulang Jari Kaki

Fungsi Selubung Mielin

Adapun keutamaan atau fungsi dari mielin sendiri yaitu dimanfaatkan agar dapat menjaga serta bahkan mengisolasi akson lalu dapat meningkatkan transmisi impuls listrik mereka.

Jika mielin mengalami kerusakan, maka transmisi impuls ini mengalami perlambatan, dan bisa kita lihat dalam keadaan neurologis yang sangat parah seperti pada multiple sclerosis.

Selain itu, dalam tujuan yang paling utama dari mielin ini yaitu untuk menutupi sejumlah sel-sel neuron. Maka nantinya dapat menjalankan aksi potensial hingga bahkan lebih cepat dari sebelumnya.

Adapun beberapa fungsi lainnya dari selubung mielin adalah sebagai berikut.

  • Berguna untuk Melindungi akson.
  • Berguna untuk melengkapi konduksi impuls.
  • Berguna sebagai media pertubuhan akson jika akson mengalmi kerusakan.
  • Dapat meningkatkan kecepatan impuls.
  • Dimana Impuls nantinya akan mampu melewati selubung mielin dengan suatu kecepatan hingga 120 meter/detik.
  • Berguna untuk meningkatkan hambatan listrik, Dapat menghalangi impuls yang mengalir dan keluar dari akson.
  • Berguna untuk melngkapi nutrisi untuk akson.

Struktur Selubung Mielin

Struktur Selubung Mielin

Apabila kita lihat pada gambar di atas, selubung mielin seperti serangkaian sosis yang mengelilingi akson. Ada celah antara selubung mielin adalah sekitar 1 milimeter.

Celah inilah yang disebut Nodus Ranvier. Pada selubung mielin ada yang namanya sel Schwann (salah satu sel glia yang berada pada sistem saraf perifer).

Baca Juga : Fungsi Sendi Kaku

Lemak dalam selubung mielin berfungsi sebagai pelindung akson dari atom dan molekul yang bermuatan listrik. Sehingga, selubung mielin ini bersifat isolator. Selubung mielin membuat materi putih di otak menjadi berwarna keputihan.

Dampak Selubung Mielin

Maka dengan adanya Selubung mielin maka memberikan akson berbagai sifat-sifat tertentu yang bisa meningkatkan terjadi suatu kecepatan di mana mereka dapat mengirimkan potensial aksi.

Resistensi membran

Penjelasan dari Resistensi ini adalah tentang sejauh mana membran dapat mencegah atau mencukupi setiap pergerakan ion yang bebas. Membran resistansi yang rendah akan bisa memungkinkan terjadi banyaknya gerakan ion. Namun pada membran yagng resistansinya cukup tinggi tidak.

Kapasitansi Membran

Penjelasan dari kapasitansi adalah suatu kemampuan sistem kelistrikan dalam menyimpan suatu muatan yang apabila dibutuhkan untuk memulai potensial aksi atau impuls listrik.

Dimana pada kapasitansi yang rendah akan dikirimkan kepada akson dengan mielinisasi. Artinya bahwa perubahan terhadap suatu konsentrasi ion yang lebih rendah sangat dibutuhkan untuk memulai potensi akson.

Maka akson bermielin dapat melakukan potensial aksi yang justru jauh melampaui kecepatan daripada akson. tetapi jika tanpa mielin yang perantara melalui konduksi garam, maka potensial aksi nampaknya akan ‘melompat’ antara Nodes of Ranvier.

Demikian pembahasan mengenai fungsi selubung mielin, semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima Kasih

Rizki
Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Crustacea Adalah

Rizki Rizki
3 min read

Struktur Tubuh Amoeba

Rizki Rizki
2 min read

Kromoplas

Rizki Rizki
2 min read
close