Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Fungsi Sarkolema

2 min read

Fungsi sarkolema

Fungsi Sarkolema – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas materi mengenai fungsi sarkomer yang dibahas mulai dari pengertian, gambar lengkap dan penjelasannya. Namun sebelumnya kita telah membahas materi mengenai Respirasi Anaerob, jika ada yang belum membaca anda bisa membaca terlebih dahulu. Namun kita langsung saja simak berikut dibawah ini.

Pengertian Sarkolema

Sarkolema adalah suatu selaput sel yang memiliki sifat khusus yang ada disekeliling serat sel otot lurik. Tetapi umumnya dikenal dengan sebutan miolemma, karena pada sarkolema ini memang mirip seperti dengan membran plasma namun tetap memiliki peranan atau fungsi terutama untuk sel otot.

Selanjutnya di dalam Sarkolema terkandung suatu matriks ekstraseluler yang tersusun atas berbagai polisakarida yang bisa memungkinkan sebuah sel. Untuk dapat berlabuh dan masuk ke dalam jaringan yang bisa membentuk dan memberikan dukungan pada serat otot.

Selanjutnya, pada sarkolema adalah suatu penghubung antara membran basal yang melingkar disekeliling setiap jaringan ikat. Atau pada sel otot lainnya, yang lalu akan membentuk suatu serat yang kuat maka nantinya dapat melakukan kontraksi dengan secara bersama.

Fungsi Sarkolema

Fungsi Sarkolema

Bahwa pada sarkolema memiliki berbagai macam fitur yang unik dan berperan dalam menyediakan semua sel-sel otot dengan struktur serta berbagai sumber daya agar bisa berfungsi dengan baik.

Bentuk dari Sarkolema begitu sangat besar, apabila dibandingkan dengan sejumlah selaput sel, yang harus terus dijaga atau dilindungi agar bisa menutupi berbagai miofibril yang berperan dalam membentuk sel otot.

Lalu pada Sarkolema yang memiliki satu sel akan melekat dengan melalui suatu koneksi ekstraseluler yang menuju ke sel yang ada di sebelahnya. Maka kemudian akan mengarah menuju ke tendon dan melekat kembali pada otot yang ada di tulang.

Sehingga dengan melalui proses kontraksi terhadap tuas-tuas ini, maka sel-sel otot itu akan bisa memperoleh suatu gerakan yang berlangsung di dalam tubuh.

Lalu dengan sangat tingginya tingkat permintaan atas suatu energi yang sangat diperlukan dalam melakukan sebuha kontraksi ini. Maka sarkolema dengan secara khusus disusun dengan suatu sistem saluran yang akan mengantarkan berbagai bahan masuk ke dalam dan juga keluar sel.

Contohnya

Fungsi Sarkolema

Misalnya seperti yang telah kita perhatikan pada gambar di atas, yang dimana titik masuk yang kecil itu yang akan membentuk sistem saluran yang ada hampir di seluruh sel otot. Dan yang nantinya berperan dalam membawa glukosa.

Kemudian nutrisi, dan ion ke semua mitokondria yang ada di dalam sel. Sehingga dengan banyak saluran ini maka membantu dan mempermudah proses pemulihan potensial membran yang sedang mengalami gangguan. Dimana ketika neuron motorik akan mengantarkan sebuah sinyal pada otot untuk melakukan kontraksi.

Lalu Sarkolemma, akan digunakan untuk penanggap atas sinyal yang telah dikirim oleh neuron itu. Maka nantinya akan bisa memperoleh suatu hasil potensial dari aksi yang berada di bawah panjangnya. Dan akan memberi tahu terhadap protein yang berada di dalam sel segera melakukan kontraksi.

Tetapi namun berbagai fungsi yang bersifat khusus yang diperlukan tersebut dan terhadap berbagai permintaan energi dibutuhkan terhadap jaringan otot yang sangat tinggi. Namun dimana fungsi lainnya dari sarkolema adalah sebagai membran sel yang sangat normal.

Karena di dalamnya ada banyak mengandung berbagai protein yang tertanam yang selanjutnya akan melaksanakan tugasnya yaitu dengan secara serempak agar bisa mengontrol semua isi sel.

Baca Juga : Fungsi Mikrofilamen

Jadi, sama halnya seperti semua membran sel lainnya, dimana sarkolema tersusun dari fosfolipid, yang lalu dapat mempengaruhi aliran air, lalu ion, dan berbagai molekul lainnya.

Tetapi pada sarkolema yang ada pada spesies yang tidak sama mungkin memiliki banyak protein dan komposisi yang tentunya tidak sama. Maka bisa menggambarkan akan berbagai keperluan dalam evolusi spesies yang berlangsung mulai dari waktu ke waktu.

Demikiam pembahasan mengenai fungsi sarkolema, semoga bisa bermaanfaat untuk anda semua. Terima Kasih

Hijau
Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Crustacea Adalah

Hijau Hijau
3 min read

Struktur Tubuh Amoeba

Hijau Hijau
2 min read

Fungsi Selubung Mielin

Hijau Hijau
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close