Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Fungsi Jaringan Palisade

2 min read

Jaringan Palisade

Fungsi Jaringan Palisade – Pada pembahasan kali ini mengenai materi fungsi jaringan palisade mulai dari Pengertian, Ciri, Struktur, Gambar dan Letak. Tetapi diperjumpaan sebelumnya kita telah menyampaikan materi mengenai Fungsi Jaringan Gabus. Maka untuk tema pembahasan kita kali ini, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Jaringan Palisade

Fungsi Jaringan Palisade

Jaringan Palisade atau kenal dengan sebutan jaringan tiang adalah sebuah jaringan yang menjadi salah satu bagian dari jaringan yang lain yaitu dari jaringan mesofil. Lalu jenis jaringan palisade ini adalah hasil diferensiasi dari jaringan mesofil yang disusun dari sejumlah sel-sel parenkim.

Selain itu, pada Jaringan palisade memiliki karakteristik yang diantaranya adalah di bawah ini.

  • Pada selnya memiliki bentuk panjang, atau berbentuk silindris, dan berdiri tegak. Jaringan palisade dikenal dengan sebutan jaringan pagar.
  • Pada sejumlah Sel-selnya tersusun dengan sangat rapat, namun masih terdapat ruang diantara selnya walaupun hanya sedikit jika kita dibandingkan dengan sel yang ada pada jaringan bunga karang atau spons.
  • Tersusun dari selapis (1) lapis sel / atau bisa lebih.
  • Pada setiap sel nya didalamnya terkandung kloroplas dengan jumlah yang cukup besar.

Ciri Ciri Jaringan Palisade

Jaringan Palisade memiliki sejumlah ciri yang merupakan gambaran dari jaringan palisade itu sendiri, yang diantaranya bawah ini:

  • Memiliki bentuk yang panjang
  • Memiliki bagian sel yang disusun dengan sangat rapat maka pada sel tersebut dapat digunakan sebagai pemisah antar ruang sel jaringan dan sel spons.
  • Memiliki susunan hanya satu lapis sel saja
  • Mengandung sel dengan jumlah yang sangat besar

Fungsi Jaringan Palisade

Adapun fungsi pada jaringan palisade/tiang ini, simak ulasannya berikut ini.

  • Berfungsi untuk sebuah tempat proses pembentukan sel yang bisa digunakan untuk kelanjutnan berlangsungnya proses fotosintesis, karena pada jaringan ini mengandung banyak kloroplas yang memiliki peran penting dalam proses fotosintesis karena ia memiliki kemampuan menyerap sinar cahaya matahari.
  • Berguna sebagai tempat untuk memperoleh energi dari cahaya matahari atau memperoleh komponen dioksida (CO2).
  • Berguna untuk sebuah tempat dalam proses (sintesis) adalah sel senyawa dari berbagai bahan organik yang berbentuk karbohidrat maka nantinya bisa dijadikan sebagai bahan makanan utama bagi tumbuhan.
  • Berguna untuk sebuah temapt dari berlangsungnya proses pembentukan jaringan tiang yang berlangsung pada bagian daun yang nantinya akan digunakan oleh jaringan mesofil maka sel bisa dijadikan sebagai perantara utama pada lapisan sel dalam daun.
  • Berguna untuk sebuah tempat dalam proses penguapan dari sel yang lalu akan dikeluarkan dengan melalui dinding sel.

Struktur Jaringan Palisade (Tiang)

Secara umum, Struktur sel pada jaringan tiang ini tidak mempunyai perberbedaan yang signifikan dengan struktur sel yang ada pada jaringan tumbuhan lainnya.

Dimana dari semua bagian-bagian sel yang bisa dijumpai pada sel di jaringan tiang adalah seperti dinding sel, lalu sitoplasma, inti sel, vakuola, dan juga kloroplas.

Tetapi Kloroplas juga dapat kita jeumpai hampir setiap semua sel tumbuhan. namun yang paling umum dijumpai adalah hanya berada di jaringan mesofil terutama sel yang terdapat pada jaringan palisade.

Dimana Kloroplas adalah organel sel yang memiliki bentuk seperti cakram yang disusun dari sejumlah membran baik (luar dan dalam). Selain itu pada bagian dalam kloroplas dimana di dalamnya ada suatu materi genetik (DNA dan RNAs).

Adalah ribosom, tilakoid, membran tilakoid, granum, dan juga stroma. R Lalu proses Reaksi fotosintesis pada awalnya akan dimulai dari proses yang pertama yakni proses penyerapan cahaya matahari atau disebut (proses reaksi terang) yang biasanya berlangsung di tilakoid.

Baca Juga : Fungsi Tilakoid

Jadi berdasarkan pada letaknya, maka jaringan tiang (palisade) dapat katagorikan menjadi:

  • Dorsiventral : adalah sebuah Jaringan tiang (palisade) yang letaknya berada dibagian bawah epidermis (sisi adaksial/atas).
  • Isolateral : adalah sebuah Jaringan tiang (palisade) yang letaknya berada di kedua sisi pada permukaan daun.

Demikian pembahasan mengenai fungsi jaringan palisade, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian. Terima Kasih

Rizki
Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Crustacea Adalah

Rizki Rizki
3 min read

Struktur Tubuh Amoeba

Rizki Rizki
2 min read

Fungsi Selubung Mielin

Rizki Rizki
2 min read
close