Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Contoh Karangan Narasi

2 min read

Karangan Narasi

Contoh Karangan Narasi – Apakah anda sudah tahu mengenai karangan narasi? Jadi anda belum mengetahuinya kami akan membahasnya secara detail dan lengkap. Pada materi ini kan kita bahas mengenai contoh karangan narasi, untuk lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Karangan Narasi

Contoh Karangan Narasi

Narasi adalah sebuah karangan yang menceritakan dengan rinci dan juga lengkap mengenai suatu peristiwa dan didasarkan dengan kronologi ataupun urutan waktu.

Sehingga, dalam teks narasi ada dua peristiwa adalah, suatu kejadian yang nyata, dan kedua yaitu hanya sekedar sebuah karangan atau imajinasi.

Baca Juga : Indeks Buku

Ciri-Ciri Karangan Narasi

No Ciri-Ciri Karangan Narasi
1 Terkesan lebih cenderung memunculkan unsur-unsur sebuah perbuatan dan sebuah tindakan.
2 Terangkai dalam suatu urutan waktu yang jelas.
3 Susunan lebih ditekankan secara kronologis.
4 Kebanyakan lebih mengarah kepada sebuah jawaban mengenai apa yang sebenarnya sedang terjadi.
5 Kebanyakan lebih bercerita tentang pengalaman seorang penulis
6 Adapun banyaknya sebuah konfliks. Apabila tanpa adanya sebuah konfliks, narasi cenderung akan menjadi kurang menarik
7 Kebanyakan lebih berupa suatu hal yang nyata (Fiksi) tetapi terkadang dapat saja berupa non fiksi atau gabungan antara kedua hal tersebut
8 Mempunyai suatu nilai estetika, yang artinya yaitu penulis lebih dibebaskan untuk mengekspresikan sebuah kreatifitas pemilihan gaya bahasa maupun ekspresi ( Diksi ).

Contoh Karangan Narasi

Contoh Karangan Narasi

Contoh Karangan Narasi Tentang Kesehatan

Pradipta sangat suka sekali dalam berolahraga. Karena begitu suka, Olahraga itu dilakukannya hampir setiap hari dimulai dari olahraga ringan seperti jogging. Tetapi kemudian hari pradipta terkena penyakit yang dimana dia harus menghentikan semua aktivitas olahraganya. karena dia merasakan sakit di bagian sendi dan ototnya, maka dia kesulitan untuk bergerak ke sana kemari. Lalu ibunya pradipta menghubungi dokter untuk datang ke rumahnya. Hasil dari pemeriksaan itu ternyata rasa sakit pradipta disebabkan oleh ia terlalu berlebihan dalam berolahraga. Dokter pun akhirnya memberikan obat khusus kepada Pradipta dan memberikan saran kepada pradipta agar tidak terlalu sering olahraga. Adapun bila kamu ingin berolah raga”, ucap dokter ,” ,saya anjurkan melakukan olahraga yang ringan namun rutin dilakukan. Olahraga rutin juga mampu membuat kesehatan tubuh lebih terjaga dengan baik. Pada saat itu juga pradipta mengurangi rutinitas olahraganya yang berlebih tersebut. Kini, Pradipta hanya melakukan olahraga jogging setiap 1 bulan sekali.

Contoh Karangan Narasi Tentang Pendidikan

Belajar itu tidak selamanya berada di sekolah. Pola pikir masyarakat mengenai belajar di sekolah telah begitu melekamaka apabila tidak di sekolah maka tidak disebut belajar. Maka Konstruksi sosial seperti itu yang seharusnya dihilangkan dari budaya sosial kita. Belajar dapat dilakukan dimana pun dan kapanpun. Belajar tidak selalu melibatkan guru dengan murid. Terdapat penelitian membuktikan seseorang belajar secara otodidak, akan lebih memiliki kemampuan dalam menguasai pelajaran, dibandingkan yang belajar di bawah tekanan seorang guru. Selain itu, seseorang yang belajar secara santai di luar ruangan sekolah, artinya mereka belajar dengan alam sambil menikmati waktu bersantai akan lebih menguatkan ingatan dibandingkan dengan seseorang yang hanya menyaksikan papan tulis dan mendengar penjelasan guru.

Baca Juga : Majas Perbandingan

Contoh Karangan Narasi Liburan Sekolah

Liburan semester yang lalu, saya dirumah saja. Saya melakukan kegiatan saya seperti biasa kecuali pergi ke sekolah. Kegiatan saya di rumah hanya membantu ibu saya membuat roti untuk tahun baru. Ketika saya membantu ibu, saya terlalu lama memanggang kue maka kuenya gosong. Akibat hal tersebut lantas ibu marah terhadap saya dan lalu saya mencoba membuat kue lagi dengan penuh kehati-hatian agar hasil nya baik. Saya membuat kue dibantu oleh saudara yang sedang berkunjung kerumah saya. Ketika itu rasa malu mengiringi saya tatkala sepupu menertawai saya akibat ibu memarahi saya. Namun saya senang karena dia akhirnya membantu saya maka hasil kue yang berikutnya begitu sempurna. Kemudian setelah selesai membuat kue, kami membersihkan semua seisi rumah, mencuci piring dan menyapu halaman. Waktu liburan ini terasa sangat menyenangkan karena semua hal saya lakukan bersama saudara saya.

Demikian pembahasan mengenai contoh karangan narasi Singkat pendidikan, kesehatan dan liburan. Semoga dapat bermanfaat serta bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Rizki
Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Kalimat Tunggal

Rizki Rizki
2 min read

Kata Kerja Material

Rizki Rizki
2 min read

Konjungsi Kausal

Rizki Rizki
2 min read
close