Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Contoh Hewan Ovovivipar

6 min read

Contoh Hewan Ovovivipar

Ovovivipar merupakan suatu perkembangbiakan hewan yang dengan cara bertelur (ovipar) melahirkan maupun itu beranak (vivipar). Untuk contoh hewan ovovivipar adalah seperti hiu, kadal, ikan dan ular.

Ketika pembuahan terjadi dari tubuh sang betina. Ketika sudah terjadi pembuahan maka akan terjadi suatu pembuahan yang ada didalam tubuh sang betina kemudian akan terbentuklah telur.

Zigot yang tumbuh menjadi embrio yang berada didalam telur tersebut. Proses itu dapat dinamakan dengan kehamilan. Setelah embrio berhasil tumbuh dengan sempurna pada dalam bentuk telur.

Sehingga induk betina akan mengeluarkanya menjadi keturunan yang baru. Dan juga kadang anak yang dikelurkan masih belum pecah dalam telurnya dan juga masih terbungkus oleh cangkang telur.

Pengertian Hewan Ovovivipar

Ovovivivar merupakan salah satu cara hewan untuk dapat berkembang biak, yaitu adalah dengan cara bertelur maupun beranak atau melahirkan. Embrio yang berkembang didalam telur, namun telur masih tetap berkembang didalam tubuh dari sang induk hingga telur tersebut siap untuk menetas.

Krtika telur sudah berhasil menetas sehingga individu yang baru keluar dari tubuh sang induk. Ciri khusus yang dimiliki oleh kelompok hewan ovovivipar adalah embrio yang tumbuh dan juga berkembang biak didalam telur.

Kemudian setelah telur sudah mencapai waktunya maka anak hewan akan keluar dari tubuh sang induk. Untuk cadangan makanan yang didapatkan dari embrio berasal dari dalam telur sendiri tersebut, dan juga bukan dari tubuh sang induk. Dan banyaknya dari jenis ular ada juga yang termasuk dari kelompok hewan ovovivipar.

Ciri Ciri Hewan Ovovivipar

Hewan ovovivivpar adalah berkembangbiak dengan memakai cara bertelur dan beranak memiliki ciri-cirinya tersendiri.

Adalah Ovipar, embrio yang berkembang didalam cangkang telur namun tetap dalam perut sang induk. Jadi setelah menetas maka akan dikeluarkan dari dalam tubuh sang induk seperti vivipar.

Telur yang masih berada dalam tubuh sang induk, maka itulah perbedaanya dengan ovipar. Dan perbedaan dengan vivipar adalah embrio yang berkembang memakai asupan makanan berasal dari cadangan dari dalam telur. Tidak berasal dari sang induk.

Baca Juga : Pembelahan Meiosis

Contoh Hewan Ovovivipar

Kuda Laut

Kuda Laut

Kuda laut adalah hewan yang tidak lazim apabila dibandingkan dengan hewan-hewan lain yang ada di dunia.

Pada umumnya untuk kebiasaan hamil dan melahirkan sering terjadi pada tubuh sang betina, namun kuda laut tidak. Kebiasaan hamil dari kuda laut justru terjadi pada sang jantan.

Kantung pengemaran yang dimiliki oleh kuda laut sang jantan. Dapat untuk menyimpan dan juga mengerami sel telur yang ada pada tubuhnya.

Kuda laut memiliki tubuh yang sangat bervariasi, dari ukuran 16 mm sampai 35 cm. Kuda laut dapat ditemukan dalam perairan tropis sampai menengah yang berada dipenjuru dunia.

Ikan Hiu

Ikan Hiu

Ikan adalah hewan yang memiliki kehidupan ekosistem di perairan, dan ikan hiu yaitu termasuk dari hewan ovovivipar.

Untuk cara perkembangbiakan dari ikan hiu yaitu dengan memakai cara menyimpan telur didalam tubuhnya. Yang adalah suatu hasil dari pembuahan yang terjadi didalam ikan tersebut.

Telur yang nantinya akan menetas. Kemudian ikan hiu akan melahirkan individu lainya atau bayinya jika pertumbuhan dari sang embrio sudah pada titik yang optium.

Embrio dari ikan hiu tidaklah memiliki ari-ari. Maka pada waktunya dapat tumbuh dengan cara ditopang memakai cadangan makanan yang ada didalam telur. Ikan hiu umumnya menghasilkan keturunan dengan jumlah yang tidak banyak apabila dibandingkan dengan ikan-ikan yang dapat dipanen.

Maka menjadi suatu keprihatinan dari para biologiawan. Yang dikarenakan adanya peningkatan dari tahun ke tahun dari para pemburu nakal yang menangkap ikan hiu pada selama ini. Dan juga bahkan sekarang spesies dari ikan hiu banyak yang sudah terancam punah dari bumi.

Ikan hiu memakai ingsang yang berjumlah lima. Dan bahkan ada juga ikan hiu tertentu yang memiliki sampai tujuh  insang yang tergantung dari jenis ikan hiu tertentu. Jadi deretan gigi dari ikan hiu dapat di ganti dan gigi ikan hiu sangat cepat untuk tumbuh.

Ikan Guppy

Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam hewan ovovivipar. Ikan guppy adalah ikan yang sangat mudah sekali untuk berkembang biak.

Karena untuk masa kehamilan dari ikan guppy sekitar antara 20 hari sampai 30 hari dan bergantung pada suhu air. Ikan guppy ini juga mengandung dan melahirkan anaknya.

Induk ikan guppy dapat mengeluarkan anak di antara 2 sampai 100 ekor dalam setiap kehamilanya. Sehingga setelah keluar dari perut induknya anak-anak guppy dapat hidup sendiri dari berenang, untuk mencari makanan dan juga menghindar dari musuhnya.

Untuk panjang dari ikan guppy yang betina antara 4 sampai 6 cm. Berbeda dengan ukuran tubuh sang jantan yang memiliki ukuran tubuhnya lebih kecil.

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang terpopuler di dunia. Ikan guppy tidak akan kesulitan untuk dapat menyesuaikan diri dan berkembang biak. Ketika pada tahun 1920an silam, ikan guppy masuk ke Indonesia sebagai ikan hias atau ikan aquarium.

Dan untuk saat ini ikan guppy sudah sangat luas ke berbagai tempat yang berada di wilayah Indonesia. Di Jawa dan Bali ikan guppy sudah sangat melimpah untuk saat ini.

Ikan Pari

Ikan Pari

Ikan pari adalah salah satu dari hewan ovovivipar yang memiliki kehidupan ekosistem didalam perairan. Untuk perkembangbiakan dari ikan pari yaitu memakai cara bertelur.Namun telur dari ikan pari akan dikeluarkan sebelum bisa untuk menetas.

Embrio akan berkembang dan tumbuh dengan cara menyerap nutrisi yang ada didalam kuning telur. Induk dari ikan pari akan melahirkan apabila pertumbuhannya yang sudah mencapai tingkat yang optium.

Ketika setiap periode kehamilan dari ikan pari bisa mengandung sebanyak lima sampai 13 anak ikan pari. Ikan pari mempunyai bentuk tubuh yang datar dan pipih dan ikan pipih tidak memiliki tulang.

Ikan pari merupakan salah satu ikan jenis laut yang diketahui sampai sekarang sebanyak 560 spesies tegolong ke dalam 13 famili. Ikan pari manta yaitu salah satu dari spesies ikan pari terbesar yang ada di dunia. Untuk lebar tubuh dari ikan pari dari ujung siripdada sampai ujung sirip lainnya mencapai sampai tujuh meter.

Berat dari ikan pari yang berjenis manta ini pernah diukur hingga tiga ton beratnya. Ikan pari manta dapat ditemukan pada daerah lautan tropis yang ada di dunia. Dari kurang lebih antara 35 derajat lintang utara hingga 35 derajat lintang selatan.

Platypus

Platypus

Platypus sebenarnya berkembang biak dengan cara (ovipar) yang layaknya seperti kelas burung dan aves. Namun platypus cukup aneh dan unik. Jadi dimana platypus memiliki suatu kelenjar susu dan memiliki kebiasaan untuk dapat menyusui bayi-bayinya setelah menetas layaknya mamalia.

Sebab ketidak laziman inilah para ahli biologi yang menyebutkan. Contoh hewan ovovivivar juga termasuk ke hewan peralihan dari evolusi yang berlangsung dari kelas burung ke kelas mamalia.

Platypus merupakan hewan semi-akuatik yang sering ditemui di daerah bagian timur benua Australia. Platypus mempunyai paruh yang mirip dengan bebek dan juga mempunyai kaki yang berselaput.

Suhu tubuh dari platypusini kira-kira sekitar 32 derajat Celcius. Tubuh platypus di selimutu oleh bulu yang berwarna cokelat, untuk dapat menjaga, maka tubuhnya menjadi tetap hangat.

Berat badan dari hewan platypus adalah antara di bawah 1 kg sampai lebih dari 2 kg. Dan platipus jenis jantan lebih besar 3 kali dibandingkan dengan jenis betinannya.

Bunglon

Bunglon

Bunglon berkembang biak memakai cara bertelur (ovipar). Namun terdapat juga jenis bunglon yang berkembang biak dengan cara menyimpan telur didalam tubuh sang induk.

Induk akan melahirkan bayi bunglon, yang dimana akan menetas pada kemudian hari. Maka bunglon termasuk ke dalam kelompok ovovivipar.

Bunglon memang hewan yang unik karena dapat mengubah warna tubuhnya. Dari warna yang cerah contohnya seperti abu-abu, kuning dan hijau dan menjadi warna yang lebih gelap seperti kehitaman dan kecoklatan.

Dan sering kali bunglon ditemukan di semak-semak dan pohon-pohon peneduh yang ada di kebun dan juga pekarangan. Bunglon memangsa berbagai macam serangga yang ia jumpai seperti capung, ngengat, lalat dan lainnya.

Bunglon memakai cara yang unik didalam menipu mangsanya. Adalah dengan cara berdiam diri pada pucuk pohon atau juga bergoyang-goyang seolah-olah terhempah oleh angin.

Salamander

Salamander

Salamander merupakan hewan ovovivipar yang bertelur dan sekaligus juga beranak. Salamander yaitu sala satu mahluk vertebrata yang unik, karena salamander dapat menumbuhkan kembali tubuh yang terpotong ataupun hilang.

Salamander yaitu nama umum untuk sekitar sebanyak 550 spesies amfibi. Untuk ciri-ciri dari penampilan salamander mirip kadal, dengan bentuk tubuh yang ramping, ekor yang panjang dan hidung pendek.

Salamander memiliki kulit yang lembab. Maka lebih senang tinggal pada habitat di air atau didekat air, dan seringkali pada lahan yang basah.

Ular Kadut

Ular Kadut

Ular kadut termasuk juga adalah hewan ovovivipar, beberapa jenis spesies atau jenis ular yang dapat berkembang biak dengan cara ovovivipar.

Ular kadut tidaklah berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar) contohnya seperti mamalia. Namun melainkan ular kadut berkembang biak dan juga menetas didalam tubuh sang induk.

Ketika keluar nantinya sebagai ular yang berbentuk kecil-kecil. Ular kadut mempunyai warna abu-abu dengan warna belang yang putih. Umumnya hidup di daerah air payau atau air tawar.

Ular kadut sama sekali tidak berdaya apabila berada di tanah, karena kulit dari ular kadut yang sangat tipis maka sangat mudah untuk robek. Ular kadut sering dijumpai dalam kolam-kolam kecil atau muara. Namun beberapa dari ular kadut juga ada yang ditemukan di laut.

Kadal

Kadal

Kadal biasanya berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar.
Namun disebabkan ada beberapa jenis kadal yang berada di dunia. Dan ternyata tergolong ke dalam contoh hewan ovovivipar.

Kadal dapat menyimpan telur dari pembuahanya yang berada dalam tubuhnya. Embrio yang ada didalam telur tumbuh dengan cara memanfaatkan kuning telur untuk salah satu nutrisi perkembang biakannya.

Apabila sudah tumbuh dengan sempurna embrio yang sudah berubah dalam bentuk individu yang baru, maka akan dilahirkan oleh sang induk.

Kadal yaitu hewan reptil yang mempunyai 4 kaki dan kulit bersisik. Kurang lebih ada sebanyak 40 suku kadal juga memiliki pola warna, ukuran dan bentuk yang beragam.

Kebanyakan dari kadal yaitu bertelur (ovipar) meskipun ada juga yang melahirkan (vivipar). Biasanya kadal menumbuhkan ekornya kembali apabila sudah terputus. Dan kebanyakan dari kadal hidup di atas tanah.

Selain itu, ada juga yang hidup di dalam tanah yang gembur atau pasir. Dan ada juga kadal yang juga hidup di batang-batang pohon.

Baca Juga : Ekosistem Darat

Iguana

Iguana

Iguana adalah jenis kadal yang hidup yang berada di daerah tropis Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia. Iguana dapat berkembang biak dengan cara ovovivipar.

Iguana mempunyai penglihatan yang sangat bagus. Dan melihat bentuk, warna, bayangan dan juga gerakan yang berada didalam jarak yang cukup jauh.

Mata yang dimiliki iguana mempunyai penglihatan yang sangat baik digunakan untuk menemukan makanan dan mengarungi hutan yang lebat.

Mata yang tajam ini tidak digunakan untuk menemukan makanan saja. Matanya digunakan untuk berkomunikasi dengan anggota spesies iguana yang sama.

Dan untuk warna dari tubuhnya yang hijau sangat membantu untuk bersembunyi dari predator yang akan memangsa iguana.

Demikian pembahasan mengenai contoh hewan ovovivipar, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Rizki
Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Crustacea Adalah

Rizki Rizki
3 min read

Struktur Tubuh Amoeba

Rizki Rizki
2 min read

Fungsi Selubung Mielin

Rizki Rizki
2 min read
close