Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Batang Monokotil

1 min read

Batang Monokotil

Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas materi mengenai Batang Monokotil secara lengkap beserta dengan pengertian, contoh, ciri – ciri dan struktur, persamaan dan fungsinya agar lebih mudah di pahami.

Batang Monokotil merupakan peranan dari lapisan sel yang mempunyai bagian utama agar bisa membetuk struktur benih dalam kelompok tanaman yang bisa dibedakan dari batangnya.

Maka tanaman monokotil mempunyai sebuah struktur batang dengan anatomi yang berbeda, dan sebagai jaringan pembuluh darah.

Pengertian Monokotil

Monokotil merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai 1 keping yang berdasarkan analisis filogeni. Maka bisa diketahui kelompok dengan tanaman yang mempunyai sifat monofiletik atau holofiletik.

Batang Monokotil untuk pembuluh darah yang dikelilingi oleh bundel sel sclerenchymal dengan vaskular oleh batang secara kolateral. Tertutup dan bisa berfungsi untuk sumber energi tanaman denan bahan industri dan lainnya.

Maka dalam hal ini juga tidak mempunyai bagian utama dalam struktur benih yang dengan kelompok tanaman bisa dibedakan dari batangnya sebagai struktur batang anatomi yang berbeda.

Namun sedangkan batang monokotil biasanya tidak terletak pada struktur jaringan dengan pembuluh darah.

Struktur Batang Dikotil

Batang Monokotil

Struktur batang tanaman monokotil bisa menunjukkan kesamaan pada jaringan epidermis, korteks dan prasasti. Dan diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Epidermis

Epidermis merupakan salah satu sel batang terdiri dari sel-sel yang sangat padat yang terdapat dinding luar epidermis. Dalam kutikula yang mencegah batang akan kehilangan dengan sejumlah yang sangat besar berada dalam air.

2. Korteks

Korteks merupakan sebuah lapisan sel parenkim yang tidak teratur dan mempunyai dinding yang tipis di antara sel-sel yang bisa menemukan sklerenkim. Dan kolenkim maka tanaman monokotil menjadi pendukung dan juga memperkuat strain.

3. Stele (Silinder Tengah)

Stele merupakan sebuah sel yang mengandung serat parenkim yang bisa membentuk jaringan dasar dan pengisi di dalam batang. Dengan lapisan terluar prasasti yang menutupi pembuluh belalai yang bergerak sebagai pembawa zat.

Fungsi Batang

Maka dalam hal ini juga batang mempunyai beberapa fungsi berikut.

  • Sebagai tempat lintasan sebagai makanan dalam air.
  • Penyokong bahan tumbuhan.
  • Penyimpan sebagian hasil fotosintesis.
  • Pembentuk tumbuhan seperti daun dan tunas.
  • Alat reproduksi vegetatif.
  • Dapat memberikan bantuk pada tumbuhan yang mudah berkembang.

Peranan Batang Monokotil

Peranan Batanga Monokotil merupakan peran dalam membedakan tanaman dikotil dan monokotil untuk penghalang antara xilem dan floem.

Dan akan membetuk lapisan yang dalam pembentukan kulit pada saat cambium akan berkembang di batang dan pembentukan kayu ketika cambium tumbuh ke luar.

1. Gabus gabus – merupakan sebuah bagian dari korteks yang bisa membetuk sel-sel baru dan akan mendorong sel-sel kortikal menuju epidermis. Dengan lapisan gabus oleh aktivitas kambium ini yang akan mengarah pembentukan agar bisa mencegah serangan hama.

2. Kambium vaskular – merupakan sebuah bagian dari vaskuler yang dapat disebut sebagai kambium yang bisa membatasi jumlah kulit kayu dalam kolom kayu. Berdasarkan aktivitasnya untuk membentuk floem sekunder ke arah luar yang membentuk jari-jari medula.

Baca Juga : Akar Serabut

Persamaan Batang Monokotil dan Dikotil

Maka dari pembahasan di atas ada juga persamaan antara batang Monokotil dan Dikotil yang diantaranya sebagai berikut.

  • Mempunyai dua struktur batang pada tanaman yang berbunga.
  • Mempunyai sebuah lapisan yang tebal kutikula di kedua batang.
  • Kedua batang akan mengandung epidermis dalam satu lapisan.
  • Mengandung jaringan subkutan.
  • Kedua batang mengandung sel-sel klororenchyma.
  • Sebagian jaringan yang memiliki sel parenkim.
  • Disusun dalam bundel pada pembuluh darah.
  • Fungsi utama dari dua batang sebagai daun. Memfasilitasi fotosintesis dari nutrisi melalui tubuh tanaman.

Demikian pembahasan mengenai Batang Monokotil, lengkap dengan contoh dan gambar, semoga dapat memberikan manfaat. Terima Kasih

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Fungsi Xilem

Alfian Alfian
2 min read

Replikasi Virus

Alfian Alfian
4 min read

Fungsi Tulang Pengumpil

Alfian Alfian
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *