Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

2 min read

Arti Jazakumullah

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran (Tulisan Arab جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) dan Jazakallahu Khairan Artinya? Maka bagaimana cara menjawab apabila ada seseorang yang mengucapkan kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran? dan Jazakallahu Khairan? Maka untuk menjawab semua pertanyaan tersebut simak ulasan berikut yang ada di bawah ini.

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Jazakumullah Khairan Katsiran

Kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran yanga tertulis dalam bahasa arab (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) adalah sebuah uagkapan bahasa Arab yang di dalamnya ada suatu kendungan arti “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”.

Ungkapan ini umumnya dipakai ketika ada sekelompok orang yang mana dari kelompok tersebut sudah berbuat baik terhadap kita maupun pada orang lain. Sehingga sebagai bentu rasa terima kasih kita untuk membalas kebaikan tersebut, maka lalu kita ucapkan doa yang berbunyi jazakumullah khairan katsiran.

Baca Juga :

Bahwa ucapan Jazakumullah Khairan Katsiran (Bahasa Arab جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) bersifat jamak atau tertuju pada orang banyak, artinya dua orang atau lebih.

Maka artinya ucapan ini, bukan tertuju kepada 1 seorang saja, tetapi kebanyak orang.

Tetapi jika anda ingin mengkhusukan kepada 1 individu saja atau orang tunggal, maka anda dapat mengucapkan dengan ungkapan.

Jazakumullah Khairan Katsiran

Lalu ada juga sebagian orang yang memakai ucapan ini dengan cara sedikit memberikan tambahan beberapa kata, maka kata itu akan menjadi sebuah ucapan.

Baca Juga : Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Jazakumullah Khairan Katsiran wa Jazakumullah Ahsanal Jaza artinya “Semoga Allah Swt membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT membalas kalian dengan balasan yang terbaik”.

Pengertian Jazakumullah Khairan Katsiran

Jadi telah kita ketahui bersama bahwa ucapan jazakumullah khairan katsiran berasal dari bahasa Arab. Apabila diartikan secara kata per kata, maka terjemahannya adalah antara lain:

  • Jazaa (جَزَ) = Semoga memberi, menambahkan, membalas
  • Kum (كم) = Kalian
  • Allah (اللهُ) = Allah
  • Khairan (خَيْرًا) = Kebaikan
  • Katsira (كَثِيْرًا) = Banyak

Jika semua kalimat yang ada di atas saling dikombinasikan, maka akan membentuk sebuah makna “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”.

Bagi seorang muslim, perkataan atau ungkapan ini adalah suatu doa, permintta, harapan terhadap Allah Swt. Dimana agar orang yang menerima ucapan tersebut akan diberikan balasan atas kebaikan yang sudah mereka kerjakan.

Dalam hal ini, seorang muslim sangat percaya bahwa doa adalah sebuah sajata yang sangat ampuh dan jika doa tersebut disampaikan dengan hati yang tulus maka Allah akan mengijabahnya.

Lalu ungkapan jazakumullah khairan katsiran juga bisa diartikan sebagai sebuah pujian dalam bentuk penghormatan yang sangat tinggi yang tertuju kepada sekelompok orang.

Dalil Jazakumullah Khairan Katsiran

Rasulullah Saw pernah bersabda yang mana dari sabda beliau masih terkait dengan pemakaian dari ungkapan kalimat jazakallah khairan yang terdapat di dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. yakni sebagai berikut haditsnya:

Dimana Usamah bin Zaid pernah berkata bahwa: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

Dasar penggunaan Jazakallahu Khairan terdapat dalam Hadits yang diriwayatkan Dari Usamah bin Zaid r.a, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

Dalil

Cara Menggunakan Jazakumullah Khairan Katsiran

Adapun sejumlah contoh dalam situaisi seperti apa saja ucapan dari jazakumullah khairan katsiran bisa digunakan, berikut penjelasannya:

  • Misalnya, ada sekumpulan anak Relawan yang tengah memberikan bantuan. Maka sebagai bentuk ungka rasa terima kasih, dari penerima bantuan tersebut bisa mengucapkan kata “Jazakumullah khairan katsiran” 

Jawaban atau Balasan Ucapan Jazakumullah Khairan Katsiran

Ketika anda semua berserta rekan ataupun keluarga yang sedang membantu seseorang, lalu orang yang kita bantu tersebut mengucapkan kata jazakumullah khairan katsiran.

Maka kita bisa menjawabnya kembali dengan mengucapkan “Wa jazakallahu khairan” artinya “dan semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan”.

Tetapi jika ungkapan tersebut datang dari sekelompok orang yang diberikan untuk kita, maka kita dapat menjawab atau membalasnya dengan mengucapkan “Wa jazakumullah khairan“Yang artinya “dan semoga Allah juga membalas kalian dengan kebaikan”.

Kesimpulan

Jika anda mendengar ungkapan jazakumullah khairan katsiran (Dalam bahasa arab جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) yang di ungkan dari seseorang, maka ungkapan itu mempunyai arti “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”.

Maka untuk menjawab atau membalasnya ada dua cara, adalah bisa mengucapkan Wa jazakallahu khairan (Apabila itu bersefat tunggal atau satu orang) lalu dapat membalas nya dengan mengucapkan Wa jazakumullah khairan (Bersifat jamak atau untuk orang banyak).

Baca Juga :

Rizki
Rizki Seorang pemuda yang tinggal bersama Kakek dan Nenek.

Yaumul Mahsyar

Rizki Rizki
2 min read

Arti Syukron

Rizki Rizki
2 min read

Aamiin Allahumma Aamiin

Rizki Rizki
2 min read
close