Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Arti Barakallah

2 min read

Arti Barakallah

Apa Arti Barakallah Artinya – kalimat barakallah adalah kalimat yang luar biasa, karena di dalamnya terkandung makna yang sangat baik. Dan dapat di ucapkan dalam berbagai hal dan mempunyai nilai yang terkesan baik jika kita dapat melafalkannya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

Berikut kami akan sampaikan Barakallah artinya? Lengkap dengan jawaban. Balasan baik bagi perempuan maupun laki-laki yang disertai dengan doa dan cara melafalkannya, berikut dibawah ini.

Arti Barakallah

Arti Barakallah (بارك الله) yang berarti semoga Allah memberi keberkahan karena atas bertambahnya usia atau bisa juga sebagai ucapan atas segala perbuatan yang baik.

Ucapan barakallah dapat kita gunakan untuk atau disaat :

  • Membeli rumah
  • Membeli mobil
  • Mendapatkan keturunan
  • Bertambahnya usia
  • Izin kepada orangtua atau seorang guru
  • Dan lain sebagainya

Jadi, intinya semua perbuatan baik dapat kita memberikan doa dengan kata BARAKALLAH kepada yang berbuat baik kepada kita.

Arti Barakallah

Maksud dari Barakallah sebagian para ulama menjelaskan bahwa barakah (باركة) berarti kata yang mengandung kebaikan maka kata tersebut masih banyak digunakan hingga sampai dengan sekarang.

Arti Barakallah yaitu semoga Allah memberikan keberkahan atas usia atau bisa juga semoga Tuhan memberikan keberkahan atas usiamu. Pada dasarnya pengucapan tersebut yaitu ucapan sebuag Do’a rahmat dan bimbingan dari Allah SWT.

Apa Barakallah Itu Kata atau ucapan Barakallah umumnya disebutkan dalam komunitas Muslim. Seperti halnya pada ucapan hari ulang tahun atau dalam undangan pernikahan yang bertujuan untuk memberikan do’a untuk kedua pasangan pernikahan.

Kalimat barakah biasa kita jumpai terkandung di dalam kitab suci Al Quran dan hadits. Dimana kalimat yang paling populer yaitu seperti janji Allah kepada semua penduduk negeri yang beriman dan bertaqwa.

Baca Juga : Arti Mabruk Alfa Mabruk

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ

Artinya :

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. (QS. Al A’raf: 96)”

Pengucapan Barakallah

Maka, dengan demikian dalam pengucapan kata Barakallah harus disebut “Baarakallaah” dengan lidah yang menyentuh ke arah langit atas (posisi lidah sama dengan penyebutan kata “Lam”).

Jika dalam membahas pelafalan Barakallah yang benar bersama dengan ksara Latinnya maka “Baarakallaah”. Ba nya diperpanjang tersebut pengucapan yang benar serta pelafalan Allah, ucapkan dengan tipis.

Apabila benar bahwa dalam mengucapkannya mulutnya seperti mengucapkan huruf O atau sebagai mengucapkan huruf A sebelum mencapai huruf H kuncinya tergantung pada lidah dengan mengucapkan Allah.

Kapan Ucapan Barakallah Digunakan

Kami juga akan memberikan kata Ucapan Barakallah Digunakan atau memberi ucapan selamat kepada orang yang pantas menerima ucapan tersebut.

Berikut yaitu beberapa kata Barakallah diucapkan diantaranya adalah:

  • Ketika kita diberi hadiah atau pemberian dari orang lain
  • Ketika menjenguk orang yang baru saja melahirkan
  • Ketika menghadiri pesta ulang tahun
  • Ketika menghadiri pernikahan
  • Dll

Kata Barakallah biasanya di kalangan umat Islam banyak yang mengucapkannya ketika pada hari ulang tahun. Maka bisa juga mengucapkannya ketika menghadiri undangan pernikahan.

Terkadang ucapan ini adalah sebuah Do’a untuk kedua pasangan pengantin atau kepada orang yang melakukan pernikanan, yang memuat kata sebagai “semoga diberkati oleh Alloh”.

Baca Juga : Arti Kaifa Haluk

Jawaban Dari Kata Barakallah

Pada saat orang lain mengucapkan kata barakallah maka hal tersebut yaitu sebuah ucapan yang baik untuk orang yang mendengarkan atau memperoleh jawaban, Karna ucapan itu yaitu do’a.

Adapun beberapa jawaban ketika seseorang mengatakan Barakallah diantaranya:

  • Apabila orang yang diberi ucapan dan yang memberi ucapan laki-laki, maka jawablah dengan kata “wa fiika baarakallah”.
  • Apabila orang yang diberi ucapan dan yang memberi ucapan perempuan, maka jawablah dengan kata “wa fiiki baarakallah”.
  • Apabila mendengar orang lain mengucapkan untuk orang lain, maka jawablah dengan kata “wa fiihim baarakallah”.
  • Apabila yang menerima ucapan tersebut lebih dari tiga maka ucapkanlah dengan kata “wa fiikum baarakallah“.

Demikian pembahasan mengenai ucapan dan Arti Barakallah, serta cara menggunakannya. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih

Baca Juga : Arti Ahlan Wa Sahlan

Hijau
Hijau Alam Hijau memberikan pelajaran yang berharga maka kita dapat menciptakan Teknologi.

Yaumul Mahsyar

Hijau Hijau
2 min read

Arti Syukron

Hijau Hijau
2 min read

Aamiin Allahumma Aamiin

Hijau Hijau
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close