Rizki Seorang remaja yang suka menulis tentang hal apapun dan pengangguran.

Allahumma Yassir Wala Tu’assir Artinya

1 min read

Allahumma Yassir Wala Tu’assir

Allahumma Yassir Wala Tu’assir Artinya – Jadi bagi anda yang ingin lebih mengetahui mengenai apa arti kalimat Allahumma Yassir Wala Tu’assir.

Maka kita akan jabarkan dengan secara lengkap Arti Allahumma Yassir Wala Tu’assir Lengkap mulai dari Tulisan Arab, makna Contoh, doa dan penjelasannya, simak ulasannya dibawah ini.

Arti Allahumma Yassir Wala Tu’assir?

Allahumma Yassir Wala Tu’assir

Arti dari Kalimat Allahumma yassir wala tu’assir adalah sebuah kalimat yang tertulis dalam bahasa Arab yang saat ini biasa kita jumpai baik dalam sosial media, dan biasa dijadikan sebagai bahan status story dari sebagian orang.

Dimana secara umum kalimat ini dipergunakan oleh sebagian orang untuk dijadikan sebagai sebuah status di dalam media sosial. Dimana mereka bukan tanpa sebab dan kandungan dalam kalimat sangat luar biasa.

Selain dalam kebaikan pribadi amupun terhadap orang yang memperoleh dan mengamalkan kalimat ini. Maka rasanya sangat tepat jika di bagikan semua media sosial.

Dimana kandungan yang tersirat dalam kalimat tersebut adalah “Ya Allah permudahlah urusankan dan jangan Engkau persulit”.

Baca Juga : Arti Kaifa Haluk

Makna Allahumma Yassir Wala Tu’assir dan Artinya

Pada Kalimat dalam tulisan arabnya (اللهم يسر و لا تعسر) Allahumma Yassir Wala Tu’assir memiliki sebuah makna “Ya Allah Permudahkan Urusanku, Jangan Engkau Persulit“.

Penggunaan Kalimat ini biasa dengan sebab karena salah satu doa yang kerap diucapkan dan dibaca hampir dari sebagian orang. Dan yang memiliki suatu hajat atau tujuan agar setiap urusannya selama di dunia dapat diberikan kemudahan oleh Allah Swt.

Selain itu, makna yang tersirat dalam kalimat tersebut adalah agar Allah membukakan pintu dan memudahkan atas apa yang menjadi tujuan hambanya. Dan menutup pintu semua kesulitan dari setiap penjuru.

Namun, ada juga dari sebagian ulama berpendapat bahwa mengenai kalimat doa ini dianggap kurang tepat dan cocok untuk digunakan. Karena makna yang ada di dalamnya memiliki arti “Jangan Engkau Persulit” seolah terkesan berprasangka yang buruk kepada Allah Swt.

Kemudian menurut sebagian ulama yang mana kita beranggapan bahwa Allah Swt memberikan kesulitan atas urusan kita. Sebagai manusia sedangkan sudah sangat jelas dalam salah satu hadits Rasulullah Saw yang mana disebutkan seperti berikut:

“Dan kebaikan semuanya berada di kedua tanganMu, dan kejahatan atau keburukan tidak dinisbatkan kepadaMu,”

Maka, jelas tertulis bahwa kejahatan dan keburukan tidak bisa dinisbatkan kepada Allah Swt. Karena, sebagian para ulama tidak menganjurkan doa.

Tetapi, semua para Ulama justru menganjurkan agar kita mau mengamalkan dan membaca doa seperti berikut ini apabila sedang dirundung kesulitan.

Doa Ketika Menghadapi Kesulitan Yang Benar

Allahumma Yassir Wala Tu’assir

Bersumber dari : [HR. Ibnu Hibban yang tertulis dalam kitab shohihnya no.2427. Lalu Dishohihkan oleh ‘Abdul Qodir Al-Arnauth dalam takhrij Al-Adzkar An-Nawawi hal.187. Lalu Lihat As-Silsilah Hadits Ash-Shohihah no.2886.

Dikutip dari buku “DO’A & WIRID” karya Al-Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qodir Jawas]

Maka, dengan berdasarkan menurut cerita atau sejarahnya, dimana pada kalimat permudah dan jangan persulit pada dasarnya adalah salah satu hadits dari Rasulullah Saw yang diberikan terhadap para da’i.

Baca Juga : Arti Biidznillah

Agar mereka mau menyebarkan agama Islam dengan jalan mempermudah dan dengan bukan mempersulit. Dan memberi suatu kabar gembira namun bukan malah menakut-nakuti.

Demikian pembahasan mengenai arti Allahumma Yassir Wala Tu’assir semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terima Kasih

Rizki
Rizki Seorang remaja yang suka menulis tentang hal apapun dan pengangguran.

Perbedaan Qada dan Qadar

Rizki Rizki
2 min read

Doa Masuk dan Keluar Rumah

Rizki Rizki
1 min read
close